Korban Tewas Gedung Runtuh di Florida Jadi 12 Orang, 149 Masih Hilang

- Rabu, 30 Juni 2021 | 13:27 WIB
Petugas tengah mengevakuasi korban gedung yang runtuh di Florida. (REUTERS/MIAMI-DADE FIRE RESCUE).
Petugas tengah mengevakuasi korban gedung yang runtuh di Florida. (REUTERS/MIAMI-DADE FIRE RESCUE).

Menara kondominium Champlain Towers South di Surfside, Florida runtuh Selasa (29/6/2021) dengan beberapa korban meninggal yang kini bertambah menjadi 12 orang setelah aparat setempat menemukan satu mayat dari reruntuhan apartemen tersebut. Sementara korban yang diduga hilang dari musibah runtuhnya gedung itu menjadi sedikitnya 149 orang.

Identitas korban terakhir tidak disebutkan oleh Walikota Miami-Dade Daniella Levine Cava selama konferensi pers sore, seperti yang dikutip dari Reuters.

Penyelidik belum menentukan apa yang menyebabkan kecelakaan dan membuat sebagian besar bangunan berusia 40 tahun itu runtuh secara tiba-tiba. Perhatian awal telah difokuskan pada kekurangan struktural yang dijelaskan dalam laporan insinyur 2018.

Pada April 2021, presiden asosiasi kondominium memperingatkan penduduk bahwa kerusakan beton "menjadi lebih buruk secara signifikan," dan mendesak mereka untuk membayar sekitar $15 juta atau sekitar Rp218 miliar dalam penilaian yang diperlukan untuk melakukan perbaikan, media melaporkan.

Direktur manajemen darurat Florida Kevin Guthrie mengatakan pihak berwenang setempat pada hari Selasa telah meminta pemerintah federal untuk mengirim tim pencarian dan penyelamatan perkotaan tambahan ke tempat kejadian di kota Surfside.

Baca Juga: 5 Gangster Menyamar Menjadi Tim Medis, untuk Menyembunyikan Mayat Pria yang Mereka Bunuh

Pihak berwenang mengatakan mereka masih memiliki harapan bahwa orang-orang yang selamat mungkin belum ditemukan di tumpukan beton dan logam bengkok yang tersisa ketika hampir setengah dari menara 12 lantai yang terdiri dari 136 unit runtuh.

"Upaya penyelamatan terus berlanjut kecuali saat badai petir singkat yang kita alami hari ini," kata Walikota Surfside Charles Burkett.

Tidak ada yang ditemukan hidup-hidup dari reruntuhan Champlain Towers South di tepi laut sejak beberapa jam setelah satu sisi gedung tinggi runtuh pada Kamis pagi saat sebagian besar penduduk tidur.

Petugas pemadam kebakaran telah berbicara tentang mendeteksi suara samar dari dalam tumpukan puing-puing dan menemukan rongga di dalam puing-puing yang cukup besar untuk menopang kehidupan.

Tapi Kepala Penyelamatan Kebakaran Miami-Dade Alan Cominsky mengatakan personel pencarian dan penyelamatan menghadapi tugas besar saat bekerja selama 12 jam dalam cuaca panas.

"Bangunan itu runtuh hampir di pondasi di mana bangunan itu berdiri" kita berbicara tentang 12 lantai, dengan garasi bawah tanah semuanya dalam pondasi yang sama," kata Cominsky.

“Saya yakin untuk menekankan besarnya apa yang kami temui, apa yang kami lihat,” katanya kepada wartawan.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X