Tak Puas Putusan MK soal Pilkada, Massa Bakar Kantor Pemerintah hingga Bank di Papua

- Selasa, 29 Juni 2021 | 20:53 WIB
Pembakaran sejumlah bangunan di Kabupaten Yalimo, Papua. (Dok Humas Polda Papua).
Pembakaran sejumlah bangunan di Kabupaten Yalimo, Papua. (Dok Humas Polda Papua).

Insiden pembakaran sejumlah bangunan terjadi di Kabupaten Yalimo, Papua sore tadi. Massa membakar sejumlah bangunan antara lain kantor pemerintah hingga bank di sana.

"Benar, terjadi pembakaran gedung pemerintah yang dilakukan oleh massa pendukung nomor urut 01 yang tidak puas atas hasil sidang putusan MK terkait perkara pilkada Kabupaten Yalimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi Indozone, Selasa (29/6/2021).

Kamal menyebut insiden pembakaran itu bermula sore tadi saat massa menyaksikan hasil sidang putusan MK. Setelah putusan itu keluar dan menyebutkan jika pasangan calon bupati nomor urut 01 yaitu Erdi Dabi dan Jhon Wilil di Pilkada Kabupaten Yalimo di diskualifikasi, massa marah dan mulai melakukan tindakan anarkis.

Baca Juga: 4 Jasad Korban Penembakan KKB di Yahukimo Papua Berhasil Dievakuasi

"Kemudian massa melakukan aksi pembakaran terhadap beberapa gedung milik pemerintahan," beber Kamal.

Bangunan yang dibakar oleh massa antara lain Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Kantor Gakkumdu, Kantor DPRD, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor BPMK, Kantor Perhubungan hingga Bank Papua. Massa juga sempat menutup beberapa akses jalan.

Polda Papua sendiri saat ini tengah menyelidiki kasus tersebut. Kombes Kamal meminta seluruh masyarakat menahan diri agar tidak terjadi tindakan-tindakan yang berpotensi melanggar hukum.

"Kami mengajak semua pihak untuk menahan diri agar segera terciptanya situasi kamtibmas di Kabupaten Yalimo yang aman dan kondusif," pungkas Kamal.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X