Fatal! Dokter Bedah Salah Amputasi Kaki Pasien, Harusnya Kiri, Malah Potong yang Kanan

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:59 WIB
Ilustrasi ruang operasi (photo/Ilustrasi/Unsplash/National Cancer Institute)
Ilustrasi ruang operasi (photo/Ilustrasi/Unsplash/National Cancer Institute)

Seorang dokter bedah di Austria melakukan kesalahan fatal ketika mengamputasi kaki seorang pasien. Seharusnya, yang diamputasi adalah kaki kiri pasien. Tapi, dokter tersebut malah mengamputasi kaki kanan pasien yang baik-baik saja.

Dilansir AFP, Sabtu (4/12/2021), pengadilan di Kota Linz kemudian memvonis dokter bedah itu membayar denda sekitar Rp44 juta karena kelalaian fatalnya.

Istri pasien juga mendapat uang ganti rugi sekitar Rp81,3 juta ditambah bunga. Sementara itu, sang pasien telah meninggal dunia sebelum kasus ini bergulir di pengadilan.

Kasus ini bermula ketika pasien yang berusia 82 tahun mendatangi sebuah klinik di Kota Freistadt, Mei lalu. Dokter ternyata salah menandai kaki yang harus diamputasi.

Kesalahan ini baru disadari pasien saat pergantian perban setelah operasi. Akibatnya, kedua kaki pasien harus diamputasi, karena memang yang bermasalah adalah kaki kirinya.

Direktur rumah sakit telah meminta maaf atas kesalahan ini.

Sang dokter sendiri tidak tahu apa yang menyebabkan dia salah menandai kaki pasien dan mengklaim itu human error. Dokter tersebut kini telah dipindahkan ke klinik lain.

"Saya benar-benar tidak tahu," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X