Presiden Jokowi Disebut Sudah Kantongi Nama Kepala Otorita IKN

- Jumat, 18 Februari 2022 | 16:50 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan tentang perkembangan kasus COVID-19 khususnya varian Omicron di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres)
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan tentang perkembangan kasus COVID-19 khususnya varian Omicron di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres)

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengatakan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi satu nama yang akan menjadi  Kepala Otorita di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Menurut saya, untuk Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi sangat fokus agenda pembangunan IKN Nusantara," ujar Luqman kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

Luqman menambahkan, karena Presiden Jokowi fokus dengan agenda pembangunan IKN Nusantara maka pastinya figur yang akan menjadi kepala Otorita sudah disiapkan. Menurut dia pengumuman jabatan tersebut hanya tinggal menunggu hari baik saja.

"Termasuk mempersiapkan figur yang akan ditunjuk sebagai kepala otorita. Kapan diumumkan? Saya kira Presiden Jokowi sedang menunggu hari baik," ujar Luqman.

Politisi PKB ini berujar, pastinya calon Kepala Otorita ini merupakan salah satu tokoh yang dipercaya oleh Presiden Jokowi. Bahkan selama ini yang sosok tersebut sering dimintai masukan dan pertimbangan oleh Presiden.

"Percayalah, Presiden Jokowi tidak main-main dengan agenda pembangunan IKN Nusantara. Karena itu, untuk kepala otorita IKN, saya duga Presiden Jokowi memilih figur senior yang punya kemampuan dan segudang pengalaman terkait pengelolaan pemerintahan, keuangan dan perbankan, lancar berkomunikasi dengan baik kepada semua kalangan, termasuk kelompok oposisi serta menguasai masalah-masalah hukum yang memadai," tambah dia.

Sekedar informasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada hari Selasa (15/2/2022). Dengan resminya UU IKN ditandatangani, menandai dimulainya pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan IKN yang mengusung 'Kota Dunia untuk Semua' tersebut menjadi awal peradaban baru bagi Indonesia. Dengan nama Nusantara, Ibu Kota Negara Republik Indonesia merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia.

"Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia itu menjadi modal sosial untuk memajukan kesejahteraan rakyat, untuk Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan,” ujar Suharso dalam keterangannya dikutip Jumat (18/2/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X