6 Jurus Dinas Kesehatan Tangkal Penyebaran Virus Corona di Jakarta
Ilustrasi penanganan penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
News

6 Jurus Dinas Kesehatan Tangkal Penyebaran Virus Corona di Jakarta

Biar tak menyebar.

Sabtu, 15 Februari 2020 12:02 WIB 15 Februari 2020, 12:02 WIB

INDOZONE.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk pencegahan dan mitigasi risiko penyebaran virus corona (Covid-19). Berbagai upaya dilakukan, mulai dari sosialisasi hingga melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus.

"Upaya kewaspadaan dini telah dilaksanakan dan terus berjalan sampai saat ini oleh jajaran Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, saat dihubungi Indozone, Sabtu (15/2/2020). 

Ada enam upaya yang dilakukan dinas kesehatan untuk membuat wilayah DKI Jakarta terbebas dari penyebaran Covid-19. Pertama adalah melakukan sosialisasi kewaspadaan Covid-19 kepada rumah sakit, puskesmas dan klinik. 

Upaya kedua, kata Dwi, adalah membentuk 50 tim penyuluh Covid-19 di seluruh wilayah yang terdiri atas perwakilan lintas instansi. Tim tersebut siap memberikan penyuluhan kepada kelompok masyarakat di pemukiman, perkantoran, dan lain-lain.  

Ketiga, Dinkes DKI Jakarta juga melaksanakan penyuluhan langsung ke masyarakat. Hingga tanggal 12 Februari 2020, tercatat telah dilakukan sosialisasi dan edukasi kewaspadaan Covid-19 pada 11.063 peserta di 303 lokasi.

"Terdiri atas 165 pemukiman (apartemen, rusun, perumahan, hotel), 69 fasilitas kesehatan, 33 fasilitas Pendidikan, 24 tempat hiburan, dan 12 perkantoran di DKI Jakarta," ungkapnya. 

Keempat, lanjut Dwi, pihaknya juga menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media. Termasuk di antaranya media cetak, media elektronik dan media sosial. 

"Kami juga menyediakan layanan hotline 24 jam Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 0813-8837-6955 untuk informasi dan pelaporan kasus Covid-19 sebagai upaya kelima," tuturnya. 

Terakhir, Dinkes DKI juga melibatkan lintas instansi, swasta, organisasi profesi, PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) dan unsur masyarakat lainnya untuk melakukan sosialisasi kewaspadaan terhadap ancaman virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU