Ada Area Terpapar Radiasi Nuklir di Serpong, BATAN Turun Tangan
Simulasi Penanggulangan Kedaruratan Nuklir Petugas Proteksi Radiasi (PPR) dari BAPETEN (ANTARA/Muhammad Iqbal)
News

Ada Area Terpapar Radiasi Nuklir di Serpong, BATAN Turun Tangan

Sabtu, 15 Februari 2020 18:16 WIB 15 Februari 2020, 18:16 WIB

INDOZONE.ID - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tengah membersihkan daerah yang terpapar radiasi nuklir di depan Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan.

Area ini dinyatakan di atas ambang batas oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

"Saat ini BATAN sedang melakukan clean up di sekitar area yang terpapar," kata Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BATAN Heru Umbara, Sabtu (15/2/2020).

Karena memiliki fasilitas berupa laboratorium dan pengolahan limbah radioaktif, BAPETEN meminta BATAN untuk membantu proses pembersihan dan analisis material penyebab paparan radiasi tinggi.

Pembersihan dilakukan dengan cara mengambil material sumber pemapar radiasi di atas ambang batas, dan mengambil seluruh vegetasi serta tanah untuk diuji di lab.

"Dari hasil clean up, bahan penyebab paparan radiasi ditemukan telah bercampur dengan tanah. Temuan itu saat ini sedang dianalisis di laboratorium BATAN," tuturnya.

Pembersihan adalah upaya awal menyelamatkan warga dari paparan radiasi. Setelah pembersihan paparan radiasi menurun 30 persen dari 149 mikrosivet per jam menjadi 98,9 mikrosivet per jam pada Sabtu dini hari.

"Proses clean up akan terus dilanjutkan sampai area tersebut benar-benar bersih dan tidak membahayakan warga dan lingkungan," jelasnya.

BATAN juga sedang mempersiapkan pengecekan seluruh tubuh kepada warga untuk mengetahui dampak kontaminasi. Warga diminta tidak panik karena peristiwa ini telah ditangani pihak yang berkompeten.

Selain itu, warga diimbau tidak memasuki area yang diberi tanda terkontaminasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU