Kurangi Impor, Pemerintah Harus Akomodir Kebutuhan Petani Bawang Putih
Wakil Ketua Komisi IV DPR Fraksi Partai Golkar Deddy Mulyadi (tengah) dalam diskusi di Jakarta, Kamis, (13/2/2020) (INDOZONE/Mula Akmal)
News

Kurangi Impor, Pemerintah Harus Akomodir Kebutuhan Petani Bawang Putih

Perlu mendapat dorongan sungguh-sungguh.

Kamis, 13 Februari 2020 18:12 WIB 13 Februari 2020, 18:12 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia kerap kali mengimpor bawang putih dari luar negeri, karena kebutuhan akan tumbuhan tersebut lebih banyak dari yang dihasilkan petani lokal. Belum lagi adanya permainan seperti menimbun atau membatasi pasokan ke pasar.

"Persoalan bawang Putih sampai kapan pun tidak akan pernah selesai problemnya akan selalu seperti ini," ucap Wakil Ketua Komisi IV DPR Fraksi Partai Golkar Deddy Mulyadi dalam diskusi 'Harga Bawang Putih Meroket, Rakyat Menjerit, Siapa Yang Bertanggung Jawab?' di Gedung DPR Jakarta, Kamis, (13/2/2020).

Menurutnya, secara kultur, bawang putih tidak bisa sembarang ditanam dan berkembang di Indonesia, karena suhu dan tanahnya belum mendukung untuk tumbuhnya bawang putih. Berbeda dengan bawang merah yang tumbuh subur di Indonesia.

"Kenapa tidak bisa berkembang, karena kultur tanahnya berbeda, sehingga  kalaupun dipaksakan secara terus-menerus, maka tak akan bisa menghasilkan produksi sesuai dengan harapan, ini yang harus menjadi catatan penting bagi kita," ungkapnya.

Dia mengatakan pemerintah harus berupaya merangsang para petani lokal agar mereka didorong secara sungguh-sungguh, bukan hanya sekedar tanam bawang untuk memenuhi regulasi yang ditetapkan Kementerian Pertanian. Namun kesungguhan untuk menanamnya menjadi produksi yang lebih penting

"Artinya arealya dari sekarang dimapping dengan baik. Tidak bisa tanam bawang putih di areal yang suhunya panas, yang pasti harus di daerah  dingin, artinya aspek prosedural jangan menjadi titik utama dalam setiap kebijakan sosial.  Tetapi aspek substansial pada output dan benefit dari sebuah kebijakan itu yang harus dilakukan," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Mula Akmal
M Fadli

M Fadli

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US