Dua Jurnalis Pengungkap Virus Corona di Tiongkok Menghilang

- Sabtu, 15 Februari 2020 | 15:33 WIB
Kiri: Fang Bin (screenshoot/YouTube). Kanan: Chen Qiushi (screenshoot/YouTube)
Kiri: Fang Bin (screenshoot/YouTube). Kanan: Chen Qiushi (screenshoot/YouTube)

Dua pria bernama Fang Bin dan Chen Qiushi yang juga merupakan jurnalis pengungkap "kebenaran" soal virus corona, menghilang tiba-tiba dan tidak diketahui keberadaannya.

Sebelum menghilang, keduanya kerap membagikan sejumlah video di media sosial, yang memperlihatkan foto dan beragam kisah dramatis di Kota Wuhan yang kini terisolasi.

Kedua pria ini diketahui nekat masuk ke kota tempat penyebaran virus corona, untuk membagikan informasi tentang kondisi sebenarnya di Kota Wuhan kepada dunia.

Namun, kini media sosial keduanya tak lagi ramai dengan netizen yang ingin menyaksikan kondisi Wuhan. Media sosial mereka mendadak sepi. Para pengikut keduanya pun merasa khawatir dan takut mereka akan hilang untuk selamanya.

Mengenal Fang Bin

Fang Bin sendiri adalah seorang pria pengusaha di Wuhan. Ia rutin membagikan video tentang virus corona yang terjadi di Wuhan. Fang bahkan berjanji akan memberikan laporan yang terbaik.

Fang pertama kali mengunggah videonya di kanal YouTube pada 25 Januari 2020. Padahal aksinya ini dilarang di Tiongkok, namun Fang mendapatkan akses melalui jaringan pribadi virtual (VPN).

Dalam video pertamanya itu terlihat, Fang tengah berjalan-jalan di kota sambil menunjukkan situasi di berbagai tempat. Lalu, pada 1 Februari 2020 lalu, Fang kembali mengunggah sebuah video yang membuat banyak orang tercengang.

Dalam video itu, Fang memperlihatkan delapan mayat yang ditumpuk di dalam minibus di luar rumah sakit di Wuhan. Tak disangka, videonya ini jadi viral dan menyita perhatian orang-orang.

Namun, di hari yang sama, Fang menuduh aparat kepolisian telah menerobos rumahnya untuk melakukan interogasi terkait video itu. Fang langsung dibawa oleh polisi untuk dilakukan interogasi. Tapi, ia tak sampai ditahan dan dibebaskan oleh polisi.

Meski sempat diinterogasi oleh polisi, Fang tak ingin menyerah begitu saja. Pada 9 Februari lalu, Fang kembali mengunggah sebuah video berdurasi 13 detik dengan menuliskan "Semua orang memberontok- menyerahkan kembali kekuasaan pemerintah kepada rakyat."

Anehnya, setelah mengunggah video itu, akun media sosial Fang menjadi sunyi.

Siapa Chen Qiushi sebenarnya?

Chen Qiushi sebenarnya adalah mantan pengacara hal asasi manusia yang beralih berprofesi menjadi jurnalis video. Chen mulai dikenal sejak membagikan informasi tentang protes yang terjadi di Hong Kong.

Anehnya, saat Chen kembali ke daratan Tiongkok, akun media sosialnya dihapus. Tak ingin tinggal diam, Chen lalu membuat kanal YouTube dan Twitter.

Hingga pada akhir Januari lalu, Chen memutuskan untuk masuk ke dalam Kota Wuhan untuk melaporkan situasi yang terjadi di kota tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X