Dobrak Ketidaksetaraan Gender, Sekolah Ini Ajarkan Siswa Pria Setrika

- Senin, 28 Oktober 2019 | 14:19 WIB
Facebook/Colegio Montecastelo
Facebook/Colegio Montecastelo

Kegiatan ini dicetuskan oleh sebuah sekolah yang ada di Spanyol. Sekolah tersebut sengaja melakukan hal ini untuk mematahkan anggapan bahwa tugas rumah hanyalah urusan wanita semata.

Sekolah bernama Colegio Montecastelo di Vigo, Spanyol ini membuka kelas baru untuk mengajarkan murid laki-laki tentang pekerjaan pertukangan dan reparasi perabotan rumah.

-
Facebook/Colegio Montecastelo

Tak hanya itu, sekolah ini juga akan memberikan murid lelakinya pelajaran tentang menjahit, menyetrika dan memasak.

Kelas keterampilan yang diberi nama special home economics ini bertujuan agar para siswa terbiasa dengan pekerjaan rumah saat nanti berumah tangga.

Selain itu, kelas ini juga untuk mendidik dan mengkampanyekan tentang kesetaraan gender.

-
Facebook/Colegio Montecastelo

"Sepertinya sangat berguna bagi murid-murid kami untuk belajar mengerjakan tugas rumah tangga ini, jadi ketika mereka berkeluarga, juga ikut terlibat mengurus rumah dan tahu kalau rumah itu yang mengurus harus dua orang. Bukan cuma wanita yang bersih-bersih, cuci piring dan menyetrika," ujar koordinator sekolah Gabriel Bravo.

Untungnya, program sekolah yang melibatkan guru dan relawan ini disambut baik oleh para orang tua. Bahkan beberapa ayah siswa yang melihat anaknya mengikuti program ikut membantu sembari mempelajari tentang pekerjaan rumah tangga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X