Iran Penjarakan Pengunggah Video Rudal Hantam Pesawat Ukraina

- Rabu, 15 Januari 2020 | 14:11 WIB
Tim penyelamat mengevakuasi jenazah dari pesawat Ukraina (Nazanin Tabatabaee/WANA via REUTERS)
Tim penyelamat mengevakuasi jenazah dari pesawat Ukraina (Nazanin Tabatabaee/WANA via REUTERS)

Pengawal Revolusi Iran menangkap orang yang pertama kali mengunggah video detik-detik rudal menghantam pesawat penumpang Ukraina di Iran.

Kantor Berita Fars pada Selasa (14/1/2020) mengatakan bahwa hasil penyelidikan akan segera diumumkan kepada masyarakat. Namun, seorang jurnalis Iran di London yang bernama Nariman Gharib mengatakan bahwa Iran salah tangkap.

Nariman adalah salah satu yang mengunggah video tersebut dan bersikeras mengatakan bahwa narasumber video tersebut aman. Seperti diketahui, militer Iran bertanggung jawab karena "tidak sengaja" menembak pesawat Ukraine International Airlines dengan 176 orang di dalamnya.

Sebanyak 82 warga Iran berada dalam pesawat nahas tersebut. Otoritas Iran juga mengklaim telah menangkap sejumlah orang lain yang terlibat dalam insiden tersebut.

"Mereka ditangkap atas peran mereka dalam kecelakan pesawat Ukraine International Airlines," kata juru bicara Komisi Pengadilan Ghulam Hussein Ismaili, dikutip dari kantor berita Anadolu.

Presiden Iran Hassan Rouhani telah mendesak militer agar segera membentuk pengadilan khusus untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X