Kepala Staf Presiden Nigeria Meninggal Akibat Virus Corona

- Sabtu, 18 April 2020 | 10:47 WIB
Abba Kyari (PREMIUM TIMES NIGERIA)
Abba Kyari (PREMIUM TIMES NIGERIA)

Kabar duka akibat virus corona datang dari Nigeria. Kepala staf presiden Nigeria, Abba Kyari, meninggal akibat terinfeksi virus corona pada Jumat (17/4/2020), menurut unggahan Twitter dua juru bicara kepresidenan.

Kyari, yang kini berusia 70-an dan menderita penyakit diabetes, merupakan ajudan resmi utama Presiden Muhammadu Buhari, yang berusia 77 tahun, sekaligus salah satu pria berpengaruh di negara tersebut.

"Kepresidenan dengan berat hati mengumumkan kepergian Kepala Staf Presiden, Mallam Abba Kyari," cuit juru bicara, Garba Shehu di Twitter, menggunakan gelar kehormatan untuk Kyari.

"Mendiang terbukti positif Covid-19 yang mematikan, dan telah menjalani perawatan. Namun beliau mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat 17 April 2020," katanya di cuitan selanjutnya.

Juru bicara Femi Adesina juga membenarkan kabar duka tersebut.

Kyari merupakan pejabat terkemuka yang meninggal akibat penyakit tersebut di negara Afrika Barat, yang melaporkan 493 kasus COVID-19 dengan 17 kematian, menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria.

Kyari merupakan penjaga pintu gerbang bagi Buhari. Ia bertolak ke Jerman pada awal Maret bersama delegasi pejabat Nigeria lainnya untuk pertemuan Siemen AG. Kyari juga menghadiri sejumlah pertemuan dengan pejabat senior pemerintah setibanya di Nigeria.

Sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (18/4/2020), Kyari terinfeksi Covid-19 dan juga memiliki riwayat penyakit kronis. Buhari sendiri merahasiakan penyakit kronis yang dialami Kyari dan sebelumnya telah menjalani perawatan lima bulan di London pada 2017.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X