Evakuasi Kru Kapal Diamond Princess, Pemerintah Harus Tetap Waspada
Kapal Pesiar Diamond Princess. (REUTERS/Kim Kyung)
News

Evakuasi Kru Kapal Diamond Princess, Pemerintah Harus Tetap Waspada

Waspada atas kemungkinan penyebaran virus corona.

Minggu, 01 Maret 2020 15:46 WIB 01 Maret 2020, 15:46 WIB

INDOZONE.ID - Dewan Perwakilan Rakyat, khususnya Komisi IX DPR meminta pemerintah untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan keamanan saat melakukan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan untuk mengevakuasi WNI di kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang. Sebanyak 23 personel tim evakuasi sudah diberangkatkan pada Jumat (28/2/2020) untuk menjemput mereka.

"Proses evakuasi terhadap kru kapal Diamond Princess itu harus mengedepankan prinsip kehati-hatian. Baik saat penjemputan maupun setelah para awak kapal tersebut berada di Tanah Air. Prinsip kehati-hatian ini perlu dikedepankan mengingat interaksi para kru kapal Diamond Princess dengan virus corona, saat berada di kapal sangat dekat," ucap Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo saat dikonfirmasi Indozone, Minggu (1/3/2020).

Menurutnya, WNI yang ada di Diamond Princess berpotensi lebih besar tertular corona lantaran bekerja di atas kapal dan berinteraksi dengan penumpang kapal yang positif terpapar virus corona, sehingga potensi tertularnya juga tinggi.

Dia yakin Kementerian Kesehatan telah memiliki protokol karantina sesuai standar WHO untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

"Menyangkut apakah kru kapal ini nantinya dikarantina atau tidak, kita serahkan kepada Kementerian Kesehatan. Pemerintah sudah memiliki standar baku untuk mencegah terjadinya penularan. Saya yakin Kementerian Kesehatan bisa menjalankan protokol karantina dengan benar," ungkapnya.

Politisi PDIP itu juga mengimbau agar pemerintah dan masyarakat Indonesia tetap meningkatkan kewaspadaan atas kemungkinan penyebaran virus corona.

"Kita bersyukur, sebab virus corona sampai saat ini belum ditemukan di Indonesia. Tapi kita harus tetap waspada karena potensi kemunculan virus tersebut di Indonesia tetap ada," jelasnya.

Rahmad juga mengapresiasi langkah sigap yang dilakukan pemerintah mengevakuasi ke-68 WNI yang nasibnya sempat terkatung-katung di atas kapal pesiar Diamond Princess tersebut.

"Ini merupakan bukti bahwa negara hadir memberi perlindungan terhadap warganya. Ini yang penting," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
Mula Akmal

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US