Jelang Libur Nataru, Menhub Cek Kesiapan Pesawat di Bandara Soetta

- Kamis, 12 Desember 2019 | 10:51 WIB
Menhub Budi Karya melakukan ramp check pesawat Garuda di Bandara Soetta, Rabu (11/12) malam. (Dok. BKIP Kemenhub)
Menhub Budi Karya melakukan ramp check pesawat Garuda di Bandara Soetta, Rabu (11/12) malam. (Dok. BKIP Kemenhub)

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan ramp check atau inspeksi keamanan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, (11/12). Inspeksi dilakukan sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk memastikan aspek keselamatan transportasi terpenuhi.

"Hari ini saya melakukan ramp check. Karena ini merupakan proses penting untuk menjamin safety agar tetap terjaga,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12). 

Budi Karya mengatakan, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub akan melakukan inspeksi terhadap 500 unit pesawat. 

"Saat ini sudah ada 50 pesawat yang dilakukan ramp check. Pada tanggal 20 Desember nanti paling tidak sudah ada 200 pesawat yang sudah di ramp check di 32 titik," jelasnya. 

Di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Budi Karya bersama tim teknis Ditjen Perhubungan Udara melakukan ramp check terhadap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia Boeing 737-800. Pada kesempatan tersebut, ia mengecek bagian vital pesawat seperti roda, oksigen dan pengatur kecepatan. 

-
Menhub Budi Karya melakukan Ramp Check pesawat Garuda di bandara Soetta. (Dok BKIP Kemenhub)

Budi Karya mengimbau kepada operator maskapai untuk juga melakukan inspeksi secara mandiri atau self ramp check.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, pergerakan pesawat di Bandara Soetta pada tahun 2019 pada periode 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, diperkirakan meningkat 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau sebanyak 23.397 pergerakan pesawat. Sementara, hingga saat ini sudah ada 1031 ekstra flight yang diajukan dari maskapai.

Begitupun untuk pergerakan penumpang mengalami peningkatan sebesar 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau sebesar 3,48 juta penumpang.

Diprediksi, puncak arus libur natal di Bandara Soetta jatuh pada tanggal 20 dan puncak libur tahun baru jatuh 29 Desember 2019 sedangkan puncak arus balik terjadi pada tanggal 5 Januari 2019. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X