Ada Puan, Kenapa Jokowi Lebih Pilih Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora?

- Jumat, 20 September 2019 | 17:08 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (Antara/Puspa Perwitasari)
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (Antara/Puspa Perwitasari)

Presiden Joko Widodo menunjuk Hanif Dhakiri sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Padahal, nama Puan Maharani sempat muncul ke permukaan.

Hal ini merujuk pada kasus 2016 saat Jokowi menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan sebagai Plt Menteri ESDM yang berada di bawah koordinasinya. Saat itu, posisi Menteri ESDM lowong setelah Arcandra Tahar diberhentikan. 

Nah saat ini Puan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), kementerian yang menaungi Kemenpora. 

-
Mensesneg Pratikno mengumumkan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Menpora di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9). (Antara/Puspa Perwitasari)

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan Presiden Jokowi. Salah satunya adalah tidak banyaknya pilihan menteri yang bisa ditunjuk jadi Plt.

Pratikno mengungkapkan, ada beberapa menteri yang akan dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 1 Oktober nanti. Puan termasuk di dalamnya.

"Pilihannya tidak banyak, akhirnya Pak Presiden memutuskan Pak Hanif sebagai Plt," kata Pratikno di Istana Bogor, Jumat (20/9). 

Selain itu, tambah Pratikno, Jokowi menunjuk Hanif sebagai Plt Menpora karena berasal dari partai politik yang sama dengan Imam Nahrawi. Keduanya sama-sama kader Partai Kebangkitan Bangsa. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X