Gunung Tangkuban Parahu Masih Waspada

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 13:30 WIB
Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu yang tertutup abu vulkanik pasca erupsi, Senin (29/7/2019). (Antara Foto/Raisan Al Farisi)
Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu yang tertutup abu vulkanik pasca erupsi, Senin (29/7/2019). (Antara Foto/Raisan Al Farisi)

Status Gunung Tangkuban Parahu sampai saat ini masih Waspada dan belum bisa diturunkan menjadi Normal.

Sebulan setelah erupsi yang terjadi pada 26 Juli 2019 lalu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengimbau agar warga tidak mendekati daerah dalam radius 1,5 kilometer dari kawah, karena masih berpotensi adanya gas berbahaya.

"Dilihat dari laporan ternyata aktivitas Gunung Tangkuban Parahu kurang lebih sama," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Selasa (27/8).

Gunung Tangkuban Parahu sampai sekarang masih ditutup untuk pengunjung. Pembukaan kawasan wisata itu akan dilakukan ketika aktivitas vulkanik Tangkuban Parahu kembali normal.

"Dikhawatirkan gas berbahaya keluar bersamaan dengan erupsi. Gas yang mengandung H2S (hidrogen sulfida) dan SO2 (belerang dioksida) tidak ramah terhadap makhluk hidup," katanya.

Sementara, Direktur Pengelola Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu, Putra Kaban mengatakan sekitar 5.000 pedagang tidak bisa berjualan karena Tangkuban Parahu masih mengalami peningkatan aktivitas vulkanik.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X