Zulhas Sebut Pemerintah Harus Rebut Hati Masyarakat Papua

- Minggu, 25 Agustus 2019 | 12:46 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
(photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyarankan supaya pemerintah merebut hati masyarakat Papua dalam hal upaya menyelesaikan persoalan di daerah tersebut. Menurutnya tak cukup hanya dengan pembangunan infrastuktur.

"Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja dan tidak hanya membangun bandara," kata Zulkifli Hasan di sela-sela acara Jalan Sehat Empat Pilar MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Dia mengakui bahwa Papua harus mendapat perlakukan khusus dan kesetaraan. Meski menurutnya tak mudah dilakukan, tapi bisa dijalankan asal ada kemauan.

Zulkifli mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah sering mengunjungi Papua, namun menyelesaikan persoalan di sana harus dilakukan bersama-sama, tidak hanya presiden saja.

"Harus bersama-sama, tidak bisa pemerintah saja, DPR dan TNI-Polri bisa terlibat. Misalnya kami (PAN) mencalonkan putra terbaik Papua untuk DPR RI, alhamdulillah dapat dua, itu contoh merebut hati masyarakat Papua," ujarnya.

Dia menambahkan, peristiwa di Papua seperti "panggilan yang membangunkan" atau wake up call bagi bangsa Indonesia, sehingga pemerintah harus berhati-hati dan tak menganggap sepele.

Dia meminta pemerintah harus benar-benar fokus menyelesaikan persoalan di Papua karena menyangkut persoalan multidimensi.

"Karena kalau ada apa-apa dengan Papua, harus hati-hati. Negara besar seperti Uni Soviet saja bisa retak dan pisah karena itu pemerintah Indonesia harus berhati-hati," katanya. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X