Proses Pemakaman Ibunda Jokowi Sudah Selesai, Berlangsung Privat

- Kamis, 26 Maret 2020 | 14:20 WIB
Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, tiba di pemakaman keluarga Mundu, Karanganyar, Kamis (26/3/2020). (ANTARA/I.C.Senjaya)
Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, tiba di pemakaman keluarga Mundu, Karanganyar, Kamis (26/3/2020). (ANTARA/I.C.Senjaya)

Proses pemakaman Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden RI Jokowo Widodo (Jokowi) sudah selesai digelar. Proses pemakaman itu pun berlangsung secara privat dalam artian tidak ada awak media di sana.

Rombongan keluarga dan jenazah tiba di area pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Rombongan kemudian berjalan masuk ke dalam pemakaman.

Terlihat Presiden Joko Widodo melakukan aktivitas mencuci tangan sebelum masuk ke area pemakaman. Kemudian, Jokowi masuk ke dalam area pemakaman itu.

-
Jokowi saat sungkem dengan ibundanya semasa hidup (Instagram/@jokowi)

Awak media hanya dibatasi meliput dari kejauhan area makam sebab proses pemakaman berlangsung hanya secara kekeluargaan. Tidak terpantau secara jelas proses-proses pemakaman di sana.

Namun terlihat di area luar pemakaman banyak masyarakat yang berkumpul. Tamu-tamu yang duduk di bangku tamu yang sudah disediakan juga tampak tertib duduk.

Terpantau sekitar 80 persen bangku pelayan sudah terisi. Bangku yang disediakan itu diketahui berjumlah sekitar 500 kursi.

-
Ibunda Jokowi semasa hidup (ANTARA)

Sekitar pukul 13.30 WIB terpantau sesi doa juga sudah selesai. Terpantau pasukan Paspamres membawa bunga-bunga yang nantinya akan digunakan untuk proses tabur bunga namun awak media tidak bisa meliput proses itu.

Tidak ada prosesi upacara militer atau upacara negara sebelum memakamkan jenazah. Terpantau sejauh ini Presiden Jokowi tidak memberikan sambutannya di area makam.

Kemudian sekitar pukul 13.50 WIB terlihat Presiden Jokowi keluar area makam dan melakukan pamit dengan cara menepuk kedua tangannya. Dari pantauan terlihat kemeja putih yang dikenakan Jokowi nampak kotor terkena tanah dari pemakaman itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X