Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Begini Penjelasan Mensesneg

- Senin, 4 April 2022 | 15:02 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Anggota Komisi II DPR RI Ichsan Yunus menyoroti isu deklarasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat selama tiga periode.

Dia pun menayakan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengenai adanya deklarasi tersebut. Apalagi Presiden Jokowi sempat hadir dalam acara Siltasnas Apdesi.

“Untuk Pak Mensesneg, ini juga kembali lagi ke masalah  deklrasi-deklrasi untuk dukungan 3 periode yang dilakukan asosiasi-asosiasi pemerintah desa, ini harus kami tanyakan,” kata Ichsan dalam rapat kerja dengan  Mensesneg-KSP-Seskab, Senin (4/4/2022).

Ihsan meminta Pratikno mengeluarkan pandangannya mengenai isu tiga periode jabatan Presiden itu, apakah sudah sesuai atau justru menabrak aturan yang telah tertuang dalam konstitusi.

Baca juga: Daftar Pemenang Grammy Awards 2022, Olivia Rodrigo Borong Banyak Piala

"Bagaimana bapak melihat isu ini? Bagaimana kemudian lembaga daerah bisa seolah-olah melaksanakan politik praktis seperti yang sudah dipertontonkan kepada kita semua," tanya Ichsan.

Mendapat pertanyaan itu, Pratikno menyatakan dirinya turut hadir dalam acara Apdesi tersebut untuk mendampingi Presiden Jokowi.

“Mengenai Apdesi  jadi kebetulan saya ikut mendampingi bapak presiden hadir di acara tersebut. Jadi bapak presiden menerima undangan sebagai apresiasi terhadap desa bapak presiden hadir,” kata Pratikno.

Dia menuturkan saat Presiden Jokowi hadir di dalam ruangan, tidak ada pernyataan deklarasi jabatan tiga periode. 

“Dan perlu kami tegaskan, waktu pak presiden ada di ruang tersebut tidak ada pernyataan deklarasi apa pun. Jadi kalaupun ada deklarasi itu di luar pengetahuan kami, karena kami memang statusnya diundang,” jelasnya.

“Dan deklarasi yang dilakukan yang kami baca di media itu dilakukan belakangan setelah kami meninggalkan tempat,” tambah Pratikno.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X