Dukung Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Cak Imin: Pak Jokowi Peka Terhadap Sejarah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 12:33 WIB
Bagian desain ibu kota negara baru. (Instagram/@jokowi)
Bagian desain ibu kota negara baru. (Instagram/@jokowi)

Pemerintah telah memilih nama ibu kota baru di Kalimantan Timur dengan nama Nusantara. Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik gagasan terkait penamaan Nusantara untuk Ibu Kota Negara yang baru.

DPR juga telah menyetujui rancangan undang-undang tentang ibu kota negara (RUU IKN) menjadi undang-undang (UU) sekaligus memutuskan nama ibu kota negara menjadi Nusantara. Menurutnya Nusantara bisa menjadi masa depan kesejahteraan bangsa Indonesia

“Selamat datang Nusantara Ibu Kota baru kita. Nusantara Ibu Kota NKRI masa depan kesejahteraan bangsa,” kata Muhaimin kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai nama Nusantara sudah sangat tepat disematkan bagi Ibu Kota Negara. Ada sejumlah alasan pertama, selama ini Nusantara merupakan imaginasi, padahal sejarah membuktikan betapa sudah sangat tua dan mengakarnya sebutan Nusantara itu hidup dalam sanubari rakyat Indonesia.

“Padahal darah dan daging kita, nafas dan nyawa kita sebagai bangsa dan masyarakat Indonesia adalah Nusantara,” tutur Muhaimin.

Alasan kedua, kata Muhaimin, Nusantara selama kurang mendapat tempat dalam konteks penamaan tempat maupun lembaga pemerintahan. Padahal kata Nusantara jauh lebih tua dan kompleks penuh makna.

“Nusantara kurang diabadikan seperti Indonesia dalam banyak hal. Kita lihat belum ada nama lembaga-lembaga resmi kita yang memakai nama Nusantara, padahal Nusantara punya makna dan sejarah yang kuat kaitannya dengan sejarah kita,” jelas Muhaimin.

Oleh sebab itu pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengaku penamaan Nusantara bagi Ibu Kota Negara yang baru membuat dirinya gembira, sekaligus terharu. Diapun memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang begitu peka terhadap fakta sejarah Nusantara di masa lalu.

“Saya gembira dan terharu dengan keputusan penamaan Nusantara menjadi nama Ibu Kota kita yang baru. Ini menjadi bukti bahwa Pak Jokowi saya nilai peka terhadap sejarah bangsa kita,” tegas Cak Imin.

Di sisi lain, Cak Imin meyakini bahwa pemilihan sebutan Nusantara sebagai nama ibu kota baru sudah melalui kajian akademis dan sejarah yang mendalam. Menurutnya, Nusantara memiliki tiga makna. Pertama, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki hamparan laut yang dahsyat.

Kedua, papar Cak Imin Nusantara juga menjadi salah satu kekuatan yang luas, tidak hanya dari segi zona wilayah, tetapi bisa merambah seluruh wilayah Melayu dan seterusnya. Lebih jauuh pemilihan sebutan Nusantara sebagai nama ibu kota baru sudah melalui kajian akademis dan sejarah yang mendalam.

“Nusantara juga bisa menjadi budaya Melayu secara umum. Itu luar biasa. Kalau pribadi saya, Nusantara itu singkatan, NU andalan saya," tukas Cak Imin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X