Anies Ungkap 3 Ancaman Banjir Saat Musim Hujan, Warga Jakarta Diminta Siaga

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan setidaknya terdapat tiga ancaman dalam menghadapi banjir saat musim penghujan tiba. Hal tersebut disampaikannya ketika menggelar apel di Monas, Jakarta Pusat.

Tiga ancaman banjir tersebut menurut Anies diantaranya adalah bagian pesisir, yakni rob. Kemudian, kawasan pegunungan yang alirannya melalui 13 sungai masuk Jakarta, dan terakhir hujan lokal.

"Tiga front ini akan kita hadapi dengan tiga prinsip, satu siaga, dua tanggap, tiga galang," ucap Anies, Rabu (13/10/2021).

Dengan adanya tiga ancaman banjir tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun meminta seluruh warga Jakarta untuk waspada dan siaga dalam menghadapi musim penghujan.

Baca Juga: PKS Soroti Tim Pansel Calon Anggota KPU-Bawaslu: Harusnya Diisi Figur yang Netral

"Apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mengirimkan pesan kepada kita semua agar siaga, bersiap megnumpulkan kembali, seluruh sumber daya untuk memasuki bulan-bulan penghujan," terangnya.

Kemudian, Anies mengklaim bahwa seluruh jajarannya siap memasuki musim penghujan , dan mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi, termasuk banjir yang melanda ibu kota.

"Yang ketiga kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk juga memastikan di wilayahnya masing-masing bahwa kondisi kampung, kondisi rumah relatif aman khsusnya terkait dengan listrik,  gas, yang di masa-masa musim penghujian sering menimbulkan resiko kecelakaan," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X