Blunder Jokowi Sebut Bipang Ambawang Buat Lebaran, JoMan Minta Pratikno Dicopot

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:42 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan soal babi panggang (bipang) Ambawang. (Youtube)
Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan soal babi panggang (bipang) Ambawang. (Youtube)

Heboh Presiden Jokowi mempromosikan kuliner babi panggang (Bipang) Ambawang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk momen Lebaran Idul Fitri membuat orang-orang di sekelilingnya jadi bulan-bulanan.

Pernyataan kontroversi ini membawa nama Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara hingga membuat sambutan presiden bisa salah.

"Ini sudah kesekian kalinya. Dari surat-surat, administrasi hingga data sambutan presiden pun bisa salah," kata Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/5/2021).

Kata Noel harusnya kesalahan ini tidak terjadi jika saja orang-orang disekeliling Jokowi bisa lebih teliti dan bisa melakukan double check terkait isi sambutan.

"Kalau makanan bipang. Tinggal klik saja si Google sudah keluar itu artinya apa. Jadi ada kelalaian dan kesalahan di Sesneg yang terjadi terus menerus dan berulang kali," ujar Noel.

Noel menyalahkan Mensesneg Praktikno atas viralnya video Jokowi soal Bipang ini. Dia mendorong agar Praktikno dicopot.

"Yang tidak benar ya Pratikno. Harus dicopot dia. Sudah terlalu lama diberi kesempatan," tegas Noel.

Sebelumnya pidato promosi kuliner khas daerah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menjadi viral dan diperbincangkan di media sosial dan masuk dalam trending topic di Twitter.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut beberapa jenis makanan khas daerah yang bisa dibeli online oleh masyarakat untuk mengobati kerinduan karena tak bisa mudik di Lebaran kali ini.

Tak ada yang salah dengan promosi tersebut hingga tiba saat Jokowi menyebut satu kuliner bernama bipang ambawang yang merupakan makanan khas Kalimantan.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X