The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

16 Tahun Kerja, Pegawai KPK Ini Heran Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan
Ilustrasi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (INDOZONE)
News

16 Tahun Kerja, Pegawai KPK Ini Heran Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Padahal pernah dapat penghargaan.

Sabtu, 08 Mei 2021 12:24 WIB 08 Mei 2021, 12:24 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono mengaku menjadi salah satu nama dari 75 pegawai yang tak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Aparatut Sipil Negara (ASN).

Giri merasa heran kenapa dirinya bisa tidak memenuhi syarat, padahal sudah pernah mengikut hal serupa. Oleh sebab itu dia meyakini dirinya beserta 74 nama lainnya sudah tidak diinginkan keberadaannya di lembaga antirasuah.

"Jadi saya berkeyakinan hasil tes itu tidak signifikan dan kami-kami ini memang tidak diinginkan melanjutkan pemberantasan korupsi di negeri ini," ujar Giri dalam diskusi Polemik Mnc Trijaya, Sabtu (8/5/2021).

Dia pun menyinggung perihal pengabidannya selama 16 tahun di KPK dan kemudian tidak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan. Sehingga menurutnya ada sebuah kontradiksi yang luar biasa terjadi saat ini.

"Saya mendapat penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai peserta diklat tim terbaik bersama direktur seluruh lembaga Saya mendapat Makarti Bhakti Nagari Award Desember 2020 tapi Maret 2021 saya dinyatakan tidak lulus (TWK)," ucapnya.

Oleh sebab itu, dia mempertanyakan indikator dari tes wawasan kebangsaan ini. Sehingga membuat dirinya bersama 74 orang pegawai KPK seakan tidak kompeten.

Baca Juga: Gibran Kini Beda Sikap dengan Surat Edarannya Sendiri Soal Wisatawan Masuk Solo

"Tapi dalam tes ini seakan kita tak berkompeten tak penuhi syarat tentu ini perlu dipertanyakan," tandasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 75 dari 1.351 pegawai KPK tidak lolos tes wawasan kebangsaan yang dilakukan BKN, dan dua pegawai tidak hadir wawancara.

Namun, KPK belum merinci nama-nama 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK tersebut. Sempat beredar kabar, penyidik senior Novel Baswedan menjadi salah satu yang akan dipecat karena tidak lolos TWK.

Soal yang diberikan dalam TWK tersebut juga menuai polemik karena menyortir pandangan keagamaan dan pendapat pribadi seseorang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US