Antisipasi Kepadatan, Kemehub Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Puncak saat Lebaran

- Jumat, 29 April 2022 | 16:35 WIB
Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi terjadinya kepadatan di kawasan Puncak saat momen Lebaran. Salah satunya menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.

“Pada H-1, sampai dengan beberapa hari setelah Lebaran diprediksi kawasan Puncak akan sangat ramai,” jelas Budi dikutip Jumat (29/4/2022).

Budi menyatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas yang dilakukan seperti pemberlakuan ganjil-genap, contraflow, one way, maupun pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih.

Adapun penerapan dari rekayasa lalin ini akan ditentukan dari diskresi oleh pihak Kepolisian. Dia harap dengan adanya rekayasa lalu lintas ini bisa membuat lalu linta di Puncak bisa terkendali.

“Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali,” harap Budi.

Baca Juga: Demi Atasi Kemacetan, Pembangunan Jalur Puncak II Kembali dilanjutkan

Selain itu Budi mengapresiasi Kepolisian Resor Bogor yang telah mempersiapkan jalur alternatif pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Sementara, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menyebut pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas di Kawasan Puncak Bogor.

Sejumlah skema tersebut diantaranya contraflow, ganjil-genap, hingga pengalihan arus ke jalur alternatif.Ia menambahkan, terdapat sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak yaitu Restoran Cimory River Side, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

"Di jalur alternatif sudah ada petunjuk sehingga betul tidak ada pilihan lain pada saat tanggal genap hanya mobil genap saja yang dapat melewati jalur Puncak ini. Jadi secara keseluruhan sudah siap tinggal nanti masyarakat bisa tersosialisasikan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di kawasan wisata Puncak," jelas Aan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X