Ngeri! Seorang Dokter Bingung saat Menemukan Kepik Hidup di Dalam Usus Besar Pasiennya

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 09:16 WIB
Ilustrasi kepik. (Pexels/Lisa)
Ilustrasi kepik. (Pexels/Lisa)

Seorang dokter terkejut saat dia menemukan kepik kecil merangkak di dalam usus seorang pria saat dia melakukan kolonoskopi pada pria berusia 59 tahun itu.

Kepik hidup ditemukan di usus pria itu membuat tim yang melakukan kolonoskopi bingung bagaimana hewan itu bisa sampai ke usus dalam keadaan hidup.

Saat menjelajahi usus besar pria berusia 59 tahun untuk mencari jaringan parut, bisul, atau tumor, mereka melihat kepik hidup merayap di bagian dalam usus pria itu.

Bagaimana kepik masuk ke usus pria itu tetap menjadi misteri, tetapi dokter menduga itu mungkin masuk ke mulutnya saat dia sedang tidur. Mengenai bagaimana ia berhasil bertahan dari sistem pencernaannya yang utuh, mereka percaya bahwa itu mungkin ada hubungannya dengan persiapannya untuk kolonoskopi.

Agar prosedur mengungkapkan informasi sebanyak mungkin, usus besar harus kosong dan sebersih mungkin, yang melibatkan menahan diri dari makan.

Baca juga: Wanita Ini Menderita Sakit Parah di Telinga, Usai Dicek Dokter Temukan Serangga Berbisa

Dilansir Oddity Central, pria itu diberi koktail yang mengandung polietilen glikol, pencahar osmotik yang digunakan untuk mengobati sembelit, yang diyakini dokter dapat mempercepat perjalanan kepik melalui sistem pencernaan pria itu, melihatnya dengan aman sampai ke usus besar.

-
Kepik masuk ke dalam usus seorang pria. (Wolters Kluwer Health, Inc. atas nama The American College of Gastroenterology)

"Persiapan kolonoskopi pasien adalah 1 galon polietilen glikol malam sebelum kolonoskopi, dan pemeriksaan kolonoskopi dinyatakan normal," tulis penulis studi kasus yang diterbitkan dalam AGC Case Reports Journal, dikutip dari Oddity Central.

"Persiapan kolonoskopinya mungkin telah membantu serangga untuk melarikan diri dari enzim pencernaan di perut dan usus kecil bagian atas," tambahnya.

Kepik tersebut diidentifikasi sebagai Harmonia axyridis, yang diperkenalkan ke Amerika Utara sebagai sarana pengendalian hama pada awal 1900-an. Studi kasus tidak menyebutkan apakah serangga itu benar-benar berhasil keluar dari usus besar hidup-hidup.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X