Tolak Usulan Pemilu 2024 Diundur, AHY: Tidak Logis, Apa Dasarnya?

- Minggu, 27 Februari 2022 | 08:59 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Dok. Partai Demokrat)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Dok. Partai Demokrat)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menolak usulan penundaan Pemilu 2024. Menurutnya penundaan Pemilu merupakan sesuatu yang tidak logis dan tak berdasar, karena tidak sesuai dengan konstitusi bangsa Indonesia.

"Menurut saya ini pernyataan yang tidak logis. Apa dasarnya? yang jelas itu tidak sesuai dengan konstitusi kita, bahwa ada masa kepemimpinan yang harus dipatuhi bersama, baik ditingkat nasional, provinsi, sampai dengan kabupaten/kota," ujar AHY kepada awak media, Minggu (27/2/2022).

Dia merasa heran ada pihak yang ingin menabrak konstitsui dengan mengusulkan Pemilu 2024 diundur. Oleh karena itu, AHY mengatakan bahwa Partai Demokrat secara tegas meminta kepada siapa pun di negeri ini tidak dengan gampangnya mengusulkan Pemilu dimundurkan.

Baca juga: Pakar Was-Was, Omicron Mungkin Bukan Varian Terakhir, Bakal Muncul yang Lebih Ganas?

"Masyarakat yang mana yang didengarkan? yang jelas kita keliling ke 34 provinsi, ratusan kabupaten/kota, yang ada, masyarakat justru mengeluh terhadap situasi hari ini yang tidak kunjung membaik, kalaupun ada, lambat. Prioritas pun tidak jelas, ekonomi juga masih dirasakan sulit oleh masyarakat," tegas AHY.

Mengapa Bawa Nama Rakyat?

Maka dari itu, AHY merasa heran dengan pernyataan yang mengatasnamakan rakyat agar Pemilu 2024 diundur lantaran situasi ekonomi di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Karena dia yakin, masyarakat tidak memiliki harapan untuk Pemilu 2024 ditunda dan keinginan itu hanya segelintir pihak yang ingin melanggengkan kekuasan.

"Mengapa tiba-tiba mengatakan masyarakat ingin diperpanjang, ingin diundur. Saya tidak melihat ada masyarakat yang memiliki harapan itu, yang jelas itu adalah harapan segelintir pihak yang ingin melanggengkan kekuasaannya. Setuju semuanya?" tambah AHY.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar, mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda sementara waktu. Penundaan Pemilu 2024 bisa dilakukan selama satu atau dua tahun.

“Saya mengusulkan pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun,” kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Muhaimin menjelaskan alasan mengapa ingin Pemilu 2024 ditunda sementara. Karena dia tak mau proyek pemulihan ekonomi di Indonesia pasca pandemi terganggu karena Pemilu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X