Isak Tangis Pecah, Keluarga Hampir Pingsan Jenazah Mayjen IGP Danny Tiba di Bandara Soetta

- Selasa, 27 April 2021 | 12:23 WIB
Isak tangis keluarga pecah saat jenazah Kabinda Papua tiba di cargo Bandara Soetta (Instagram/viralciledug)
Isak tangis keluarga pecah saat jenazah Kabinda Papua tiba di cargo Bandara Soetta (Instagram/viralciledug)

Isak tangis keluarga beserta kerabat terdekat Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha, pecah saat jenazah tiba di cargo jenazah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (26/4/2021).

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak jenazah Mayjen (Anm) I Gusti Putu Danny Nugraha disambut dengan upacara militer yang dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.

Tampak pula sejumlah keluarga yang menangis terisak-isak, bahkan seorang wanita tampak sampai dibopong keluarganya karena tak sanggup menahan sedihnya saat masuk ke dalam mobil jenazah. 

Dalam acara tersebut, Panglima TNI dan Pangdam Jaya juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum. 
Seperti yang diketahui, almarhum gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak Papua, Minggu (25/4/2021). 

Almarhum tewas saat ditembak saat tengah meninjau lokasi pembakaran yang dilakukan KKB Papua di Kampung Dambet.

Kini, jenazah Mayjen (Anm) I Gusti Putu Danny Nugraha dimakamkan  di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (27/4/2021).

Sebelum pemakaman, akan diadakan dua upacara militer di Balai Komando Kopassus, yakni penyerahan tanda jasa dan pemberian kenaikan pangkat dari Brigjen menjadi Mayjen.

Mayjen TNI Anumerta IGP Danny, selama hidupnya dikenang semasa hidupnya sebagai putra bangsa Indonesia kelahiran Bali.

Selama berdinas, ia pernah menjabat sebagai Asintel Kasdam Jaya, Asintel Danjen Kopassus, Kapok Sahli Pangdam Jaya (2018) dan Pamen Denma Mabes TNI AD sewaktu masih menyandang pangkat Kolonel Infantri.

Pada 18 Juni 2020, berdasarkan mutasi jabatan sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020, Mayjen TNI Anumerta IGP Danny mendapat kepercayaan sebagai Kabinda Papua.

Ia duduk sebagai Kabinda Papua menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon. Mayjen IGP Danny gugur dalam baku tembak dengan KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X