Anies: Pemindahan Ibu Kota Tak Ada Efeknya pada Kemacetan Jakarta

- Jumat, 28 Januari 2022 | 10:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan bahwa pemindahan ibu kota negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur (Kaltim) tidak memiliki dampak pada kemacetan di Jakarta. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, kontribusi sektor pemerintahan pada kemacetan di Jakarta hanya sekitar 7 persen dari seluruh kegiatan masyarakat. 

"Jadi tidak akan ada efeknya pada kemacetan di Jakarta. Karena Jakarta itu kegiatan rumah tangga dan kegiatan tempat usaha," ucap Anies dalam unggahan video pada Youtube Pemprov DKI yang dikutip Jumat (28/1/2022). 

Lebih lanjut, Anies pun berbicara mengenai Jakarta yang menjadi simpul sosial, budaya dan peradaban. Ia pun meminta agar hal tersebut dapat terus dijaga dan diperkuat. 

"Kota ini menjadi kota kumpulnya seluruh unsur bangsa karena itu kenapa kesetaraan jadi penting, kenapa keadilan jadi penting, karena semua yang datang ke kota ini harus mendapatkan itu," ungkapnya. 

"Nah ini yang saya ingin garisbawahi bagaimana mengaturnya kedepan mungkin bisa bahas bersama," tandas orang nomor satu di Jakarta itu. 

Seperti diketahui sebelumnya, DKI Jakarta tak akan lagi menjadi ibu kota negara pasca ditetapkannya Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) baru yang disahkan oleh DPR RI beberapa waktu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X