Ironi Pidato Anies: Dipuji Sekjen PBB, Dikritik PDIP DKI

- Senin, 19 April 2021 | 14:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Instagram/aniesbaswedan).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Instagram/aniesbaswedan).

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak menyinggung masalah banjir yang masih terjadi belakangan ini seraya meresponi pidato Gubernur DKI Anies Baswedan soal perubahan iklim yang dipuji di luar negeri..

Diketahui pidato Anies itu disampaikan dalam acara virtual forum bertajuk 'Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations. 

Pidato mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini langsung disambut antusias oleh Sekretaris Jenderal PBB, António Gutteres yang ikut hadir dalam pertemuan itu.  

"Soal iklim kita lihat ada banjir sebagai pengaruh iklim di Jakarta yang tidak teratasi, juga erupsi air laut karena air tanah yang disedot," kata Gilbert ketika dikonfirmasi, Senin (19/4/2021). 

Baca Juga: Astaga! Wanita Cantik Gondol Harta Mertua Rp1 M, Hidup Enak di Jogja dengan Selingkuhan

Dalam pidatonya, Anies menekankan perubahan iklim dengan mengurangi emisi karbon secara signifikan harus menjadi peran pemerintah kota agar terciptanya lingkungan yang layak untuk warga tinggali.

Namun sejauh ini, Gilbert menilai Anies tidak punya komitmen mengatasi masalah tersebut. Ia pun mengungkap, masalah penanganan iklim tidak dicantumkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kesan yang timbul dari usulan Bung Anies (dalam pidato)  ini hanyalah sekedar narasi tanpa aksi, sekedar tata kata tanpa bukti nyata. Kalau hanya narasi tanpa aksi, maka itu seperti tong kosong," terangnya.

"Saran yang diberikan Bung Anies selayaknya diimplementasikan di Jakarta, dan kenyataannya tidak dikerjakan. Kenyataan yang ada adalah emisi karbon berkurang di Jakarta karena Covid-19 atau pandemi," tandas Gilbert.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X