Peristiwa Bersejarah 1 Juni: Hari Lahir Pancasila hingga Meninggalnya Ani Yudhoyono

- Selasa, 1 Juni 2021 | 13:36 WIB
Ani Yudhoyono. (Instagram/aniyudhoyono)
Ani Yudhoyono. (Instagram/aniyudhoyono)

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Namun tak hanya itu, banyak peristiwa menarik lainnya yang juga terjadi pada 1 Juni.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, inilah peristiwa dan sejarah menarik yang terjadi pada 1 Juni.

1. Hari Lahir Pancasila (1945)

-
Poster Hari Lahir Pancasila 2021. (BPIP)

Hari Lahir Pancasila berawal dari terbentuknya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang kemudian melakukan sidang selama lima hari mulai 29 Mei 1945. Dalam sidang itu, membahas tentang tema dasar negara. Soekarno pada saat itu menyampaikan gagasan mengenai dasar negara dan dinamai dengan Pancasila. Karena peristiwa itu, 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan dijadikan sebagai hari libur nasional.

2. Bandar Udara Kemayoran Berhenti Beroperasi (1984)

-
Bandar Udara Kemayoran. (Wikipedia)

Bandar Udara Kemayoran merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Bandara ini resmi dibuka pada 8 Juli 1940 dan pesawat pertama yang mendarat adalah jenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda, KNILM yang diterbangkan dari Lapangan Terbang Tjililitan. Namun pada tahun 1970-an bandara ini dianggap terlalu dekat dengan basis militer Indonesia, Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan sipil di area tersebut menjadi sempit, sementara lalu lintas udara menigkat dan mengancam lalu lintas udara internasional.

Karena itu, pemerintah pun memindahkan aktivitas Bandara Kemayoran ke bandara yang baru. Setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta diresmikan, Bandara Kemayoran akhirnya berhenti beroperasi pada 1 Juni 1984.

3. Meninggalnya Ani Yudhoyono (2019)

-
Foto Ani Yudhoyono. (Instagramaniyudhoyono)

Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal sebagai Ani Yudhoyono meninggal di Singapura pada 1 Juni 2019 ketika usianya 66 tahun. istri Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ini meninggal akibat kanker darah yang dideritanya sejak 2 Februari 2019. Ia pun dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta pada 2 Juni 2019.

BACA JUGA: 4 Fakta Peringatan Hari Lahir Pancasila

4. Hari Anak Internasional

-
Ilustrasi anak-anak. (Pexels/Lukas)

Tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Anak Internasional. Perayaan ini bertujuan untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Hari Anak Internasional ini pertama kali dorayakan sekitar tahun 1950-an dan baru diresmikan dalam konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, Rusia pada 1949.

5. Hari Susu Sedunia

-
Ilustrasi susu. (Pexels/Charlotte May)

Peringatan Hari Susu Sedunia dimulai pada tahun 2001 yang ditetapkan oleh Organisasi pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Perayaan ini bertujuan untuk mengakui pentingnya susu sebagai makanan global dan semua yang terlibat dalam sektor susu. Tahun ini, perayaan Hari Susu Sedunia mengambil tema 'Enjoy Dairy' yang memfokuskan pada keberlanjutan di sektor susu dengan pesan lingkungan sekitar, gizi dan sosial ekonomi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X