Cak Imin: PKB Masih Jajaki Semua Partai untuk Koalisi di Pemilu 2024

- Rabu, 22 Desember 2021 | 08:23 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iksandar. (ANTARA/Fikri Yusuf)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iksandar. (ANTARA/Fikri Yusuf)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iksandar menyatakan, partainya masih menjajaki hubungan dengan semua partai politik guna membangun koalisasi di Pemilu 2024. Menurutnya, untuk meraih kemenangan dalam persaingan di panggung politik lima tahunan itu, PKB tidak bisa memenangkannya sendirian.

"Kami masih jajaki semua partai, karena enggak mungkin diri sendiri berjuang sehingga butuh koalisi," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (21/12/2021) malam.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyatakan, keputusan partai untuk menjalin mitra koalisi masih panjang. Ada kemungkinan bakal diputuskan di tahun 2022 mendatang, setelah terlebih dahulu melakukan penjajakan.

"Koalisi ini proses masih panjang, penjajakan dan kebersamaan kira-kira setahun, ini baru ada keputusan bersama siapa," kata Cak Imin.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebelumnya telah menyatakan siap untuk membentuk dan memimpin poros koalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan, PKB ingin memimpin poros sendiri yang akan mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bersama PPP dan PAN pada Pilpres 2024.

“Kalau terkait dengan poros, PKB mau memimpin poros sendiri. Enggak tahu dengan cara apa, tapi saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, saya berkeinginan untuk PKB memimpin poros. Mestinya PPP juga ikut karena sama-sama hijau. Tinggal nambah satu lagi, berangkat itu sudah, misalnya PAN itu sudah cukup, berangkat kita. Bismillah," ujar Jazilul dalam siaran persnya dikutip Kamis (16/12/2021).

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X