Omicron Terdeteksi di Indonesia, MUI: Pemerintah Harus Jelaskan Varian Ini

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 17:51 WIB
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. (photo/mui.or.id)
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. (photo/mui.or.id)

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas meminta pemerintah dan organisasi kesehatan di Indonesia untuk menjelaskan dengan baik soal varian Omicron.

"Untuk itu kita mengharapkan agar pemerintah dan lembaga yang terkait serta organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada untuk dapat memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat tentang hal-hal yang terkait dengan varian Omicron ini dan penyebarannya," ujar Anwar dalam keterangannya, Sabtu (18/12/2021).

"Serta tentang hal-hal apa yang harus dilakukan oleh warga masyarakat agar kita bisa mencegah dan menekan penyebaran varian Omicron ini ke tingkat yang sekecil-kecilnya," tambahnya.

Ia mengatakan, salah satu cara mencegah penularan dengan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).

"Dan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk sementara waktu. Imbauan ini tentu sangat penting kita perhatikan karena dia tidak hanya akan membawa kebaikan kepada kita pribadi tapi juga untuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," jelasnya.

Seperti diketahui bersama, varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan pasien pertama yang terpapar Omicron, yakni seorang pekerja di Rumah Sakit Wisma Atlet yang berinisial N.

"Perkembangan situasi terakhir menjadikan pemerintah harus bertindak cepat mencegah terjadinya transmisi lokal virus varian Omicron. Isolasi RSDC adalah langkah yang diharapkan efektif untuk tujuan tersebut," tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/12).

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X