Fresh Graduate Ngeluh Gak Dapat Kerja: Selesaikan Dulu Urusanmu dengan Tapimu

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 13:49 WIB
Kiri: Kisah para freshgrad (LinkedIn/MILKA SANTOSO) / Kanan: Ilustrasi pencari kerja (Unsplash/Marten Bjork)
Kiri: Kisah para freshgrad (LinkedIn/MILKA SANTOSO) / Kanan: Ilustrasi pencari kerja (Unsplash/Marten Bjork)

Seorang konsultan rekrutmen menceritakan pengalamannya saat berhadapan dengan fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan. Konsultan bernama Milka Santoso itu menyoroti fresh graduate yang kerap mencari-cari alasan dengan segudang "tapi".

"Mbak, saya sudah searching lowongan untuk freshgraduate seperti yang Mbak Milka bilang. Mbak Milka betul, ada banyak lowongan untuk Fresh Graduates, tapi kebanyakan untuk Admin, harus jago Ms office, sedangkan Ms Office saya standard saja. Ada lagi untuk Marketing, tapi saya gak suka pekerjaan sebagai Marketing. Posisi lainnya yang saya mau: Management Trainee, tapi harus mau penempatan di mana saja, dan orangtua saya keberatan kalau saya, anak bungsunya jauh dari mereka. Bagaimana dong mbak?" kisah Milka di akun Linkedinnya, dikutip Sabtu (25/12/2021).

Milka pun memberikan saran yang sangat menohok untuk fresh graduate yang kerap mencari-cari alasan dan berujung tidak dapat kerja.

"Selesaikanlah dahulu urusanmu dengan tapimu. Kenapa kita gak telan saja tapinya?" ujar Milka.

"Bukan 'Saya mau kerja tapi saya gak jago Ms Office' Melainkan 'Saya gak jago Ms Office, tapi saya mau kerja'. Bukan 'Saya mau kerja, tapi saya gak suka pekerjaan Marketing', melainkan 'Saya gak suka pekerjaan Marketing, tapi saya mau kerja!' tegasnya.

Milka pun mengimbau para fresh graduate untuk "menelan alasan" yang membuat mereka akhirnya tidak mendapatkan pekerjaan.

"Tekad kuatmulah yang harus menelan alasan-alasanmu. Jika alasan-alasanmu masih belum tertelan, berarti tekadmu masih kurang kuat." pungkasnya.

Apakah kamu setuju dengan Milka Santoso?

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X