The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Putri Soeharto Klaim Orde Baru Berhasil Bikin Indonesia Jadi Macan Asia
Soeharto (Antara)
News

Putri Soeharto Klaim Orde Baru Berhasil Bikin Indonesia Jadi Macan Asia

Rabu, 09 Juni 2021 12:55 WIB 09 Juni 2021, 12:55 WIB

INDOZONE.ID - Putri Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana alias Tutut Soeharto, membanggakan Orde Baru di mana ayahnya berkuasa di Indonesia sekitar 32 tahun.

Tutut mengklaim bahwa sejak Soeharto menjadi Presiden Indonesia pada tahun 1966, ekonomi Indonesia tumbuh di atas 7% per tahun. Namun, saat itu 60% warga Indonesia hidup dalam jurang kemiskinan.

"Ada era Orde Baru. Bangsa kita berhasil membangun ekonominya tumbuh konstan di atas 7 persen per tahun," kata Tutut dalam acara perayaan 1 Abad HUT Soeharto di Masjid At-Tin, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Tutut juga mengklaim Soeharto menekan angka kemiskinan di Indonesia sebesar 11% pada tahun 1977.

"Hal itu membuat penghargaan demi penghargaan dari dunia internasional diterima Indonesia," lanjutnya.

Hal ini tak terlepas dari proses pembangunan yang dilakukan oleh Soeharto selama berkuasa. Tutut mengatakan Soeharto selalu berpatokan pada mandat MPR dan Garis-garis Besar Haluan Negara melalui Pelita dan Repelita.

"Bahkan pada akhir Orde Baru bangsa ini pada level new industrial country di Asia, ada juga yang menyebutkan sebagai Macan Asia," kata Tutut.

"Capaian itu enggak bisa dipungkiri. Suka dan tak suka jadi pijakan tahapan-tahapan pembangunan hingga saat ini," tegasnya.

Namun, sejumlah pengamat sudah kerap mengkritisi pembangunan di masa Orde Baru bagai ilusi karena dibangun di atas korupsi serta ekonomi berbasis utang yang tak dirasakan rakyat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US