Miliarder AS Diduga Membayar Pajak Lebih Rendah dari Orang Biasa

- Rabu, 9 Juni 2021 | 14:47 WIB
Miliarder as diduga membayar pajak lebih sedikit dari orang biasa. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne/Michele Tantussi)
Miliarder as diduga membayar pajak lebih sedikit dari orang biasa. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne/Michele Tantussi)

Organisasi berita investigasi AS ProPublica mengatakan pada hari Selasa waktu setempat bahwa menurut data rahasia yang diperoleh oleh US Internal Revenue Service, miliarder AS termasuk Bezos, Musk, Buffett, dll meskipun kekayaan mereka meningkat, pajak penghasilan yang dibayar jauh lebih rendah daripada orang biasa.

Dikutip dari Chinanews.com, organisasi berita tersebut memperoleh lebih dari 15 tahun data dari US Internal Revenue Service, yang melibatkan pengembalian pajak dari ribuan orang Amerika terkaya.

ProPublica menyatakan bahwa mereka memperoleh informasi ini dari sumber anonim.

Menurut laporan Forbes, 25 orang terkaya di Amerika Serikat meningkatkan kekayaan mereka sebesar $401 miliar antara tahun 2014 dan 2018, tetapi mereka hanya membayar $13,6 miliar dalam lima tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun terakhir, pendapatan keluarga kelas menengah Amerika sekitar $70.000 atau setara Rp 998 juta dan tarif pajak pendapatan federal untuk tingkat pendapatan ini adalah 14%.

Mulai tahun 2021, pasangan yang berpenghasilan lebih dari $628.300 akan menerima pajak marjinal pajak penghasilan federal tertinggi sebesar 37%.

ProPublica menunjukkan bahwa, tidak seperti keluarga biasa yang membayar pajak berdasarkan upah tradisional, miliarder dapat menggunakan berbagai strategi penghindaran pajak. Selain itu, sebagian besar kekayaan orang kaya adalah saham dan real estat, selama aset ini tidak dijual, mereka tidak kena pajak.

Kekayaan Bezos, orang terkaya di dunia dan pendiri Amazon, meningkat sebesar $99 miliar selama periode ini, tetapi pajak dari penghasilan tersebut hanya $4,22 miliar dan total pembayaran pajak 73 juta dolar AS, tarif pajak internasional kurang dari 1%. Selain itu, pada tahun 2007 dan 2011, Bezos diduga tidak membayar pajak pendapatan federal.

Kekayaan pendiri Tesla, Musk, meningkat sebesar $13,9 miliar, dari 2014 hingga 2018, tetapi pajak dari penghasilannya hanya $1,52 miliar, dan dia membayar total 400 juta pajak federal, dengan tarif pajak efektif 3,27%.

Komisaris Internal Revenue Service, Rettig, mengatakan pada sidang Senat pada hari Selasa bahwa dia tidak dapat berbicara tentang artikel ProPublica, tetapi dapat mengkonfirmasi bahwa sumber informasi tentang artikel ini berasal dari tuduhan IRS yang sedang diselidiki.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X