PT INKA Jelaskan Penyebab Tabrakan LRT Saat Uji Coba: Langsiran Terlalu Cepat

- Senin, 25 Oktober 2021 | 17:59 WIB
Petugas memeriksa gerbong kereta LRT yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta, Senin (25/10/2021). (photo/ANTARA FOTO/ Asprilla Dwi Adha)
Petugas memeriksa gerbong kereta LRT yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta, Senin (25/10/2021). (photo/ANTARA FOTO/ Asprilla Dwi Adha)

Kereta ringan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek yang tengah dalam tahap uji coba dikabarkan mengalami kecelakaan di jalur layang ruas Munjul, Jakarta Timur, pada Senin (25/10).

Terkait kecelakaan tersebut, PT INKA, membeberkan kronologi terjadinya kecelakaan tersebut.

Dirut PT INKA Budi Noviantoro menyebutkan, tabrakan tersebut terjadi karena langsiran dari masinis terlalu cepat saat melakukan uji coba.

"Ini terindikasi, nanti KNKT yang tentukan, [penyebab karena] langsiran yang terlalu cepat," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (25/10).

Baca juga: Momen Lucu Pria Bule Lari Terbirit-birit Dikejar Kambing, Nyaris Diseruduk Pakai Tanduk

Diketahui, tabrakan tersebut melibat trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek.

Saat uji coba, rencananya trainset 29 itu diuji tim dari Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan.

PT INKA menjelaskan, rangkaian kereta untuk LRT itu tersebar di sepanjang jalur antara dua stasiun tersebut. Kecelakaan kemudian terjadi saat trainset 29 dari Ciracas hendak menuju Harjamukti.

"Rangkaian ini tersebar di beberapa stasiun, trainset ke 29 ini diambil mau bergabung ke Stasiun Harjamukti terjadi benturan," lanjutnya.

Terkini, keadaan dari masinis dalam kondisi baik dan mengalami luka ringan.

Disisi lain, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur telah mengerahkan satu unit penyelamatan dari sektor Cipayung untuk ke lokasi kecelakaan LRT Jabodetabek.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X