The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bikin AS Ketar-ketir, Satelit Temukan Lagi Dugaan Silo Rudal China Peluncur Nuklir
Anggota tentara berpartisipasi dalam perayaan Hari Nasional di Taipei, Taiwan, 10 Oktober 2021. (ANTARA/Reuters/as)
News

Bikin AS Ketar-ketir, Satelit Temukan Lagi Dugaan Silo Rudal China Peluncur Nuklir

Dugaan lokasi silo tertangkap citra satelit yang dilaporkan FAS.

Rabu, 03 November 2021 16:46 WIB 03 November 2021, 16:46 WIB

INDOZONE.ID - Militer China diduga tengah membangun silo, bangunan bawah tanah tempat penyimpanan rudal, yang mampu meluncurkan senjata nuklir jarak jauh. Hal ini terungkap dari citra satelit dalam laporan yang dirilis Federasi Ilmuwan Amerika Serikat atau Federation of American Scientist (FAS). 

Dalam laporan yang dikutip Wion, Rabu (3/11/2021), China diduga tengah membangun silo baru di dekat Hami, bagian timur wilayah Xinjiang. Selain silo Hami, laporan FAS juga menampilkan situs silo lain yang berada di Yumen, yang telah dirilis dalam laporan beberapa minggu lalu. Yumen diduga menjadi lokasi sekitar 120 silo rudal. 

FAS menyatakan situs silo China ini masih membutuhkan waktu lama sebelum dapat beroperasi penuh. Namun hal ini akan bergantung pada bagaimana China akan mengoperasikan silo yang tengah dibangun tersebut.

Hanya saja, Amerika Serikat (AS) cukup ketar-ketir dengan apa yang dilakukan China. Sejak Juni lalu, AS terus memantau pembangunan silo Negeri Tirai Bambu.

Wakil Kepala Staf Gabungan AS, John Hyten, mengkhawatirkan progres militer China mengalahkan Amerika. Karena itu, dia mewanti-wanti agar Pentagon berbenah dan bereaksi atas apa yang dilakukan China. 

Hyten bahkan mengatakan China sangat mungkin mengalahkan Rusia dan AS jika mereka terus berdiam diri.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US