Peristiwa 22 Mei: Kelahiran Sir Arthur Conan Doyle hingga Meninggalnya Ainun Habibie

- Sabtu, 22 Mei 2021 | 11:16 WIB
Sir Arthur Conan Doyle - Ainun Habibie. (Wikipedia/Instagram/b.jhabibie)
Sir Arthur Conan Doyle - Ainun Habibie. (Wikipedia/Instagram/b.jhabibie)

Tanggal 22 menyimpan sejarah menarik, namun juga beberapa catatan kelam dalam dunia penerbangan. Ada kelahiran tokoh, ada juga kematian tokoh terkenal.

Dirangkum Indozone, inilah peristiwa yang terjadi pada 22 Mei:

1. Lahirnya Sir Arthur Conan Doyle (1859)

Penggemar tokoh fiksi Sherlock Holmes pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Sir Arthur Ignatius Conan Doyle, sang pengarangnya. Ia lahir pada 22 Mei 1859 di Edinburgh, Skotlandia. Doyle mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh dan membuka praktik di Southsea, Inggris pada 1882. Pada tahun 1886, ia menciptakan tokoh Sherlock Holmes yang terinspirasi dari salah satu dosennya, Dr. Joseph Bell.

2. Kecelakaan Air India Express (2010)

Pesawat Air India Express penerbangan 812 dengan rute Dubai-India jatuh saat mendarat di Mangalore, India. Insiden ini menewaskan 158 orang yang ditemukan dalam kondisi mengenakan sabuk pengaman. Pesawat keluar landasan di Bandara Internasional Mangalore dan sebagian besar badan pesawat habis terbakar. Pilot dan Kopilot tewas dalam kecelakaan ini.

BACA JUGA: Belasan Ribu Pemudik Balik ke Ibu Kota Tanpa Tes Covid-19, DPRD DKI: Potensi Masalah

3. Hasri Ainun Habibie Meninggal (2010)

Istri BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie meninggal di Munchen, Jerman 11 tahun lalu. Ainun meninggal setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Ludwig-Maximilians-Universitat, Klinikum Grosshadern akibat kanker ovarium pada 24 Maret 2010. Ia menjalani sembilan kali operasi. Ia kemudian meninggal pada 22 Mei 2010 pukul 17.35 waktu setempat setelah melewati masa kritis sekitar satu hari di mana hidupnya harus ditopang menggunakan alat. Ainun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 25 Mei 2010.

4. Kecelakaan Pesawat Pakistan International Airlines (2020)

Kecelakaan pesawat Pakistan International Airlines penerbangan 8303 terjadi. Pesawat tersebut terjatuh di kawasan permukiman padat penduduk di Model Colony, Karachi. Sayap pesawat dilaporkan terbakar sebelum menabrak atap rumah warga. Beberapa bangunan di kawasan itu pun terbakar. Insiden ini menewaskan sekitar 97 orang termasuk warga sekitar.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X