Luhut Binsar Targetkan Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat Turun 50%

- Selasa, 6 Juli 2021 | 09:06 WIB
Suasana sepinya lalu lintas di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Suasana sepinya lalu lintas di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan PPKM Darurat bisa menurunkan mobilitas warga di DKI Jakarta Banten, dan Jawa Barat hingga 50%.

Dengan begitu, laju penularan Covid-19 yang kian mengkhawatirkan bisa ditekan.. Luhut memerintahkan semua pihak dapat fokus mengejar target mobilisasi warga turun hingga 50%.

Dilansir Antara, berdasarkan analisis butuh penurunan mobilitas warga sebesar 30% untuk menurunkan jumlah kasus paparan Covid-19 varian Alpha dan 50% untuk varian Delta.

"Kalau kita lihat di Kepulauan Seribu dan Jakarta semua sudah merah. Paling tinggi di Jakarta Selatan untuk indeks penurunannya. Sisanya masih di 17 persen, ini juga semua baru penurunan untuk Alpha, belum Delta," katanya, Senin (5/7/2021).

Luhut berharap agar Polri atau pun pihak yang berwenang dapat melakukan penyekatan mobilitas dengan baik.

"Jangan diberikan pengecualian, di luar sektor kritikal dan esensial, atau pun untuk pelayanan publik," katanya menegaskan.

Ditargetkan, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia bisa turun 10 ribu kasus per hari.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi meminta semua pihak tetap memperkuat protokol kesehatan, testing, tracing, isolasi, perawatan, dan vaksinasi.

"Sedangkan, Indonesia masih lemah pada dua aspek utama, yaitu protokol kesehatan dan 3T (testing, tracing, treatment), termasuk isolasi," ujar Menkes.

Secara rinci, indeks mobilitas di DKI Jakarta pada Minggu (4/7/2021) turun 18,6 persen, yang diperoleh dari Google Mobility sebesar 22,5 persen dan Facebook Mobility sebesar 15,7 persen. Hal itu digambarkan dari anggota yang aktif sebanyak 1.406 dari 7.817 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X