Gubernur Anies Tegaskan Jalur Sepeda untuk Transportasi, Bukan Sekadar Sport

- Selasa, 22 Juni 2021 | 10:36 WIB
Anies Baswedan bersepeda (Instagram/aniesbaswedan)
Anies Baswedan bersepeda (Instagram/aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan bahwa jalur sepeda dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta, bukan untuk kegiatan sport atau olahraga, melainkan sarana transportasi.

"Bersepeda itu sesungguhnya lebih dari sekadar berolahraga. Ini bisa jadi alat transportasi. Jadi, ketika kita membangun jalur sepeda ini pun adalah jalur sepeda untuk kegiatan transportasi, bukan sebagai kegiatan sport," kata Anies, Senin (21/6/2021).

Jalur sepeda dirancang sedemikian rupa untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengguna sepeda. Apalagi, menurut Anies sekarang masyarakat mulai memilih naik sepeda untuk ke tempat kerja.

"Makin hari makin banyak yang berangkat dengan sepeda. Dan jalur sepeda pun dirapikan, buat tertib, sehingga semua bisa merasakan dengan aman jalur ini," papar dia.

Aktivitas bersepeda juga bisa menekan tingkat polusi di Ibu Kota sehingga udara lebih bersih dan sehat. Karena itu, dia menganjurkan warga beralih ke sepeda sebagai alat transportasi jarak dekat, selain untuk olahraga.

"Buat yang selama ini belum sehari-hari bersepeda, saya ingin anjurkan, kita pakai sepeda untuk kegiatan-kegiatan yang jarak dekat. Kalaupun ke kantor masih jauh, okelah pakai kendaraan bermotor atau kendaraan umum, tapi parkir saja sepeda di tempat kerja. Kalau perlu-perlu pergi yang dekat, bisa pakai sepeda," jelas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X