The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Fakta Kematian 2 Lumba-Lumba di Bali, Ditunggangi Lucinta Luna Hingga Dugaan Eksploitasi
Lumba-lumba yang ditunggangi Lucinta Luna di Bali mati (YouTube/69Degress)
News

3 Fakta Kematian 2 Lumba-Lumba di Bali, Ditunggangi Lucinta Luna Hingga Dugaan Eksploitasi

Rabu, 01 Desember 2021 10:30 WIB 01 Desember 2021, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar mengungkap, dua dari tujuh ekor lumba-lumba yang sempat viral karena ditunggangi Lucinta Luna di Dolphin Lodge Bali mati. 

Kepala BPSPL Denpasar, Permana Yudiarso mengatakan, dua lumba-lumba itu mati sekitar bulan Juni atau Juli lalu. Berdasarkan informasi yang ia terima, sebelum mati dua lumba-lumba itu sempat memuntahkan rumput laut/lamun.

Berikut beberapa fakta mengenai kematian hewan mamalia yang dilindungi oleh negara tersebut. 

1. Viral ditunggangi Lucinta Luna

Lumba-lumba yang ditunggangi Lucinta Luna di Bali mati
YouTube/69Degress

Sebelumnya, Lucinta Luna sempat membuat heboh warganet karena videonya menunggangi lumba-lumba di Dolphin Lodge, di kawasan Sanur, Kota Denpasar, Bali.

Dalam video tersebut, Lucinta Luna bersama beberapa temannya tampak mengenakan pelampung lalu menaiki lumba-lumba yang berenang. Video itu menuai beragam kritik pedas dari para netizen yang menganggap Lucinta Luna dan teman-temannya 'animal abuse'.

Di samping itu, Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Wilayah I BKSDA Bali, Sumarsono mengatakan, ternyata lokasi tempat atraksi Lucinta Luna itu tidak memiliki izin. Pihaknya telah menutup lokasi tersebut pada April 2020 lalu karena izin konservasi tidak dikeluarkan.

Baca juga: Lumba-lumba Terancam Punah Ditemukan Mati di Pinggir Jalan, Terikat dan Berdarah

2. Aktivis ungkap dua lumba-lumba yang hilang

Ilustrasi lumba-lumba
Unsplash/Juan Ignacio Escobar Tosi

Kematian dua lumba-lumba di Dolphine Lodge ini pertama kali terungkap ketika aktivis satwa dari Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-Lumba pergi ke Bali untuk melihat nasib lumba-lumba yang viral dipakai seluncuran Lucinta Luna. Lumba-lumba itu dititipkan oleh BKSDA Bali di Bali Exotic Marine Park.

Sesampainya disana, Pinneng Sulungbudi, salah satu anggota Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-Lumba Pinneng mengaku sedih melihat kondisi lumba-lumba. Lima lumba-lumba diletakkan dalam satu kolam kecil dan dangkal. Lumba-lumba itu juga dibiarkan terus-terusan terpapar sinar matahari. 

Selain itu, mereka juga menemukan kejanggalan, dimana seharusnya ada 7 ekor lumba-lumba dari sana. Namun yang terlihat hanya 5 ekor dan 2 ekor lainnya hilang dan kini diketahui telah mati. 

3. Dugaan Eksploitasi

Lumba-lumba yang ditunggangi Lucinta Luna mati
YouTube/69Degress

Sumarsono menjelaskan, lumba-lumba yang disita dari Dolphin Lodge Bali milik PT Piayu Samudra Bali itu dibawa sudah dalam keadaan tidak sehat. 

Ia menyebut, lumba-lumba itu diduga dieksploitasi oleh pemiliknya hingga  menderita hepatitis akut yang tidak ketahuan.

"Dilihat dari warna mata yang agak kekuningan, karena sudah habis-habisan dieksploitasi oleh pemilik lama secara berlebihan," kata Sumarsono. 

Tak hanya itu, saat hendak dipindahkan oleh BKSDA Bali lumba-lumba itu juga kekurangan gizi karena kurangnya asupan makanan akibat sepinya pengunjung saat pandemi COVID-19. Satwa tersebut juga tidak pernah dicek kesehatan.

Sumarsono menegaskan bahwa kedua lumba-lumba yang hilang itu mati bukan karena dibunuh oleh pihaknya, melainkan karena memang sudah sakit sejak dipindahkan dari Dolphin Lodge.

"Keeper-nya siang malam nungguin jangan sampai mati, temen Unud bolak-balik bantuin karena sayang aset negara. Tapi gimana lagi, wong dari awal disita sudah sakit," ujar Sumarno. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US