The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Siswa Korea Utara yang Seludupkan USB Berisi Serial 'Squid Game' Dihukum Mati
Squid Game. (Dok. Squid Game)
News

Siswa Korea Utara yang Seludupkan USB Berisi Serial 'Squid Game' Dihukum Mati

Enam lainnya dihukum 5 tahun kerja paksa.

Kamis, 25 November 2021 11:10 WIB 25 November 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Korea Utara telah menjatuhkan hukuman mati kepada seorang warganya yang diduga menyelundupkan serial Netflix Korea Selatan 'Squid Game' melalui USB, kata sumber kepada Radio Free Asia (RFA).

Warga yang mendapatkan hukuman mati usai menyelundukan serial Korea Selatan itu merupakan seorang siswa sekolah menengah.

Sementara itu, enam orang lainnya yang ikut menonton dijatuhi hukuman lima tahun kerja paksa. Guru dan administrator di sekolah juga dipecat atau menghadapi kerja paksa di tambang terpencil.

Sebelumnya, Korea Utara telah mengesahkan undang-undang larangan menonton, memiliki atau mendistribusikan media dari Korea Selatan.

Baca juga: Warga Korea Utara Nekat Nonton 'Squid Game' karena Relate dengan Kehidupan Mereka

Penangkapan tujuh siswa yang dilakukan Korea Selatan merupakan yang pertama kali bagi Korut menargetkan anak di bawah umur.

"Teman itu memberi tahu beberapa siswa lain, yang tertarik, dan mereka membagikan USB itu kepada mereka," kata seorang sumber penegak hukum.

"Mereka ditangkap oleh sensor di 109 Sangmu, yang telah menerima petunjuk," tambah sumber itu.

Setelah menangkap para siswa itu, pihak berwenang Korea Utara kemudian mulai mencari USB lain yang kemungkinan berisi serial dari Korea Selatan.

USB yang berisi serial 'Squid Game' itu diselundupkan dengan kapal, dan kemudian masuk ke daratan, kata seorang penduduk Pyongsong, Korea Utara, kepada RFA.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US