Menko PMK: Tidak Ada Perayaan Tahun Baru di Mal!

- Jumat, 31 Desember 2021 | 21:53 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy lakukan sidak ke mall saat perayaan tahun baru (Foto: Humas Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy lakukan sidak ke mall saat perayaan tahun baru (Foto: Humas Kemenko PMK)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi ke salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Tangerang, yaitu Tangcity Mall, pada Jumat (31/12/2021).

Sidak dilakukan sebagai upaya antisipasi pergerakan masyarakat jelang malam pergantian tahun baru. Ia pun memastikan tidak ada perayaan apapun saat malam pergantian tahun baru di pusat-pusat kunjungan masyarakat.

“Tadi sudah saya minta dan pihak manajer (pengelola mal) juga sudah menyampaikan tidak ada pesta-pesta perayaan apapun tahun baru di mal,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Hanya saja menurut dia masyarakat tetap dapat mengunjungi pusat-pusat kunjungan termasuk mal untuk melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Antara lain, seperti berbelanja, makan-makan di gerai kuliner, ataupun ke tempat bermain anak.

“Saya kira sekarang ini saatnya anak-anak menikmati kegembiraan setelah sekian tahun tidak bisa jalan-jalan. Di sini (Tangcity Mall) contoh yang bagus, saya lihat sudah 98% anak-anak menggunakan masker dan ini sangat penting,” jelasnya.

Muhadjir menyatakan bahwa penggunaan masker adalah salah satu protokol kesehatan (prokes) paling penting. Setidaknya, kata dia, masker dapat memberikan setengah jaminan perlindungan meskipun tidak 100% menjamin seseorang terhindar dari Covid-19.

Menurutnya, apabila semua orang sudah memiliki kesadaran untuk disiplin menerapkan prokes terutama memakai masker apalagi di pusat-pusat kunjungan yang berisiko pada kerumunan massa, maka potensi penularan Covid-19 akan dapat dikendalikan.

Disisi lain mantan Mendikbud itu berkata selain disiplin menerapkan prokes, upaya vaksinasi juga harus terus digenjot untuk mengatasi Covid-19. Sebagaimana arahan Presiden Jokowi, saat antisipasi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), TNI/Polri, Pemda, dan pihak-pihak terkait harus menyiapkan gerai-gerai vaksinasi termasuk di pusat kunjungan masyarakat seperti mal.

“Sesuai arahan Bapak Presiden diupayakan di pusat-pusat kunjungan orang disediakan vaksinasi, kemudian disiapkan segala macam fasilitas yang memungkinkan mereka bisa menikmati libur tahun baru ini dengan sebaik-baiknya, dengan bergembira,” tegas Muhadjir.

Dia meyakini bahwa dengan vaksinasi anak, bukan hanya mereka yang terlindungi dari Covid-19 tetapi juga bisa menjadi penyekat agar Covid-19 tidak menularkan kepada orang tua terutama lanjut usia.

“Bagaimanapun anak-anak ini kan dekat dengan kakek neneknya yang usia lanjut yang rentan dengan Covid-19. Walaupun mungkin anak ini tingkat keparahannya rendah kalaupun terkena Covid-19, tapi dia bisa menyelamatkan kakek neneknya dan anak-anak kalau sudah divaksin, orang tuanya juga confident kalau nanti anaknya masuk sekolah tatap muka,” pungkas Muhadjir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X