KSP : Kebijakan Micro Lockdown Efektif Cegah Omicron

- Senin, 27 Desember 2021 | 19:42 WIB
Ilustrasi varian Omicron Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi varian Omicron Covid-19. (REUTERS/Dado Ruvic)

Pemerintah bakal menerapkan kebijakan micro lockdown untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron. Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI Abetnego Tarigan  mengatakan, kebijkan tersebut akan diterapkan di tengah masyarakat, dan diharapkan berjalan efektif.

"Bila ada kasus, maka micro lockdown dinilai menjadi kebijakan yang efektif," kata Abetnego dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, sampai saat ini kasus Covid-19 varian Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Karena itu pintu-pintu masuk, pusat karantina, dan isolasi yang diperketat.

“Pemerintah juga terus tingkatkan testing dan tracing," kata Abet.

Selain itu, lanjut Abetnego, penerapan ketat protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi, juga menjadi strategi ampuh untuk menangkal transimisi lokal Covid-19 varian Omicron.

Sebagai lembaga yang bertugas mengawal program prioritas Presiden dan Wakil Presiden, KSP akan terus melakukan monitoring, terutama pada titik-titik krusial seperti di bandara, pelabuhan, serta pusat-pusat karantina, dan isolasi.

"Monitoring sudah berlangsung sejak awal pandemi Covid-19. Tentunya hasil monitoring ini dikomunikasikan oleh Kepala Staf Kepresidenan kepada Presiden," ujar Abetnego.

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, ada satu orang yang lolos karantina wisma atlet. Hal ini memicu kekhawatiran varian Omicron sudah menyebar ke daerah lain.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X