Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Anggota DPR: Kalau Punya Moral, Yasonna Harusnya Mundur!

- Kamis, 9 September 2021 | 13:51 WIB
Menkumham Yasonna Laoly. (Instagram/yasonna.laoly)
Menkumham Yasonna Laoly. (Instagram/yasonna.laoly)

Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding mengatakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten adalah sebuah tragedi kemanusiaan. Dia berharap Menkumham Yasonna Laoly dapat bertanggung jawab atas tewasnya puluhan narapidana dalam perisitiwa tersebut.

"Ini ada tragedi kemanusiaan dan kita tidak bisa tutup mata begitu saja. Ada 44 korban jiwa di sana. Kalau dia punya moral, dia harus mengundurkan diri sebagai pertanggung jawaban," kata Sudding kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

Dia melanjutkan, jika Menkumham Yasonna tidak mundur maka sebaiknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus melakukan evaluasi. Evaluasi ini perlu dilakukan agar kejadian-kejadian serupa tidak lagi terjadi ke depannya.

"Kalo dia tidak mundur saya kira Presiden Jokowi harus mengevaluasi," imbaunya.

Lebih lanjut dia memandang sampai saat ini tidak ada sama sekali perbaikan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Isu over capacity selalu berhembus, namun melihat kondisi lapas yang seperti itu sampai sekarang pun tidak dilakukan revitalisasi.

BACA JUGA: DPR Dengar Banyak Pemakai Narkoba Dikenakan Pasal Pengedar, Bikin Lapas Over Capacity

"Dari dulu kita menyampaikan over kapasitas sampai 400 persen, dan bagaimana kondisi lembaga pemasyarakatan yang tidak dilakukan revitalisasi. Kemudian dari sisi kemanusiaan, walaupun dia seorang napi tapi ada hak-hak yang harus diperhatikan bagaimana kondisi warga binaan itu sangat memperihatinkan," tandas Sudding.

Sekadar informasi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten ludes terbakar pada Rabu 8 September dini hari. Tercatat, ada sebanyak 44 orang tewas hingga hari ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X