Korea Utara Klaim Telah Tembakkan Rudal Hipersonik Baru

- Rabu, 29 September 2021 | 08:51 WIB
Rudal hipersonik Hwasong-8 diuji coba oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK di Toyang-ri, Kabupaten Ryongrim, Provinsi Jagang, Korea Utara. (REUTERS/KCNA)
Rudal hipersonik Hwasong-8 diuji coba oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK di Toyang-ri, Kabupaten Ryongrim, Provinsi Jagang, Korea Utara. (REUTERS/KCNA)

Korea Utara mengklaim bahwa mereka berhasil menguji rudal hipersonik baru yang disebut Hwasong-8 pada hari Selasa (28/9/2021).

Rudal baru itu adalah salah satu dari lima paling penting sebagai sistem senjata baru yang ditetapkan dalam rencana pengembangan militer selama lima tahun.

Dilansir BBC, Korea Utara menyebut rudal baru itu sebagai senjata strategis yang memiliki kemampuan nuklir.

Peluncurannya pada hari Selasa adalah indikasi lain dari teknologi senjata Pyongyang yang berkembang di tengah sanksi yang ketat.

Baca juga: Korea Utara dan Korea Selatan Saling Uji Coba Rudal Balistik

"Pengembangan sistem senjata ini telah meningkatkan kemampuan negara untuk membela diri dalam segala hal," kata outlet berita negara Korea Utara KCNA, dikutip dari BBC.

Peluncuran rudal terbaru ini juga menandai uji coba rudal ketiga Korea Utara dalam bulan ini.

Rudal hipersonik jauh lebih cepat dan lebih gesit daripada yang normal, membuatnya jauh lebih sulit untuk dicegat oleh sistem pertahanan rudal.

Pada pertemuan sebelumnya di bulan Januari, Kim Jong Un menyatakan bahwa para ilmuwan telah menyelesaikan penelitian untuk mengembangkan hipersonik.

Uji coba pada hari Selasa merupakan yang pertama untuk sistem baru ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X