Corona Mengintai, 100 Ribu Orang Kunjungi Pasar Tanah Abang Hari Ini

- Minggu, 2 Mei 2021 | 18:47 WIB
Kerumunan di Pasar Tanah Abang (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Kerumunan di Pasar Tanah Abang (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pemprov DKI Jakarta mencatat lebih dari 100 orang mengunjungi Pasar Tanah Abang hari ini, Minggu (2/5/2021). 
Gubernur Anies Baswedan mengungkap adanya lonjakan pengunjung lebih dari dua kali lipat di Pasar Tanah Abang selama akhir pekan.

"Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies di Pasar Tanah Abang.

Dikhawatirkan akan muncul klaster baru Covid-19, karena hampir setengah dari pengunjung Pasar Tanah Abang datang dan pulang dengan menggunakan kereta api.

Hal ini otomatis menimbulkan kerumunan di Stasiun Tanah Abang.

"Kemarin kereta api 45 ribu (orang), jadi hampir separuh menggunakan kereta api," katanya.

Terkait hal itu , Pemprov DKI akan melakukan rekayasa jam operasional Pasar Tanah Abang dengan sebagian pasar tutup pada pukul 16.00 WIB dan sebagian lagi tutup pada pukul 17.00 WIB.

Anies mengatakan salah satu penyebab meningkatnya pengunjung Pasar Tanah Abang adalah jam tutup yang bersamaan.

"Situasi di pasar ini jam kedatangan orang berbeda-beda ada yang pagi dan siang tapi jam pulangnya bersamaan," ujar Anies.

Pemprov DKI juga akan berkoordinasi dengan KAI untuk meniadakan keberangkatan dan pemberhentian kereta di Stasiun Pasar Tanah Abang pada pukul 15.00 sampai 19.00 WIB.

Sebanyak 2.500 personel gabungan dikerahkan untuk mengawasi protokol kesehatan dan mengantisipasi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang.

Sedangkan personel marinir dan Paskhas akan ditugaskan mengendalikan antrean masuk dan protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X