Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, PDIP: Keputusan Tepat!

- Selasa, 4 Mei 2021 | 09:32 WIB
Megawati Soekarnoputri. (Istimewa).
Megawati Soekarnoputri. (Istimewa).

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). PDIP menilai keputusan pengangkatan tersebut terbilang tepat mengingat sosok Megawati yang selalu menempatkan pentingnya riset dan inovasi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sosok Megawati sangat konsisten dalam menyuarakan pentingnya penguasaan ilmu-ilmu dasar, riset dan inovasi. Bahkan menurutnya Megawati juga penggagas awal dari BRIN, dengan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ibu Megawati merupakan ketua umum Parpol yang paling konsisten menyuarakan pentingnya penguasaan ilmu-ilmu dasar, riset dan inovasi, dan terus memerjuangkan peningkatan anggaran peneltian 5 persen dari PDB,” kata Hasto dalam keterangannya yang diterima Indozone dikutip Senin, (4/5/2021).

“Beliau juga penggagas awal dari BRIN, dengan mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar BRIN hadir menjabarkan politik Indonesia Berdikari, dengan memfokuskan diri pada penelitian untuk manusia Indonesia, flora, fauna dan teknologi itu sendiri. Semua dibumikan bagi tanah air Indonesia,” tambah Hasto.

Baca Juga: Lagi Asik Goyang TikTok, Cewek Cantik Ini Akhirnya Digoyang Benaran

Hasto memaparkan, dengan menempatkan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN adalah keputusan yang tepat. 

“Dengan menempatkan BRIN guna mendorong kemajuan Indonesia, maka ketentuan peraturan-perundang-undangan yang menempatkan Ketua Dewan Pengarah BPIP ex officio sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, merupakan keputusan tepat,” ujarnya.

Di sisi lain, menurutnya riset dan inovasi harus digerakkan oleh ideologi bangsa agar Indonesia benar-benar berdaulat, berdikari, dan bangga dengan jati diri kebudayaannya. BRIN adalah babak baru bagi kemajuan Indonesia Raya.

Karenanya menurut Hasto PDIP sangat mendukung penuh adanya BRIN ini. Dimana sejak zaman dahulu para pendiri bangsa menempatakan konsep kemajuan Indonesia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan tekonologi.

“Para pendiri bangsa seperti Bung Karno dan Bung Hatta merupakan sosok pemimpin negarawan dan sekaligus pembelajar yang baik. Semua menempatkan konsep kemajuan Indonesia melalui penguasaan ilmu pengetahuan  dan teknologi. Para pendiri bangsa kental dengan tradisi sebagai pembelajar yang baik yang kedepankan riset dan Inovasi,” bebernya.

Selain itu, ia menceritakan perhatian Bung Karno yang menempatkan supremasi sains dan teknologi untuk kemanusiaan, keadilan, dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Nampak dari keseriusan Bung Karno yang menempatkan lebih dari 600 doktor peneliti pada saat merancang Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. 

“Ilmu pengetahuan dan teknologi oleh Bung Karno selalu ditempatkan dalam konteks kemajuan dan kejayaan Indonesia Raya,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X