Tak Didanai Pemkab, Warga di Kabupaten Solok Lakukan Galang Dana untuk Atlet

- Kamis, 23 September 2021 | 10:30 WIB
Sejumlah atlet perwakilan Sumbar asal Kabupaten Solok yang akan mengikuti PON XX di Papua (ANTARA/HO-KONI Solok)
Sejumlah atlet perwakilan Sumbar asal Kabupaten Solok yang akan mengikuti PON XX di Papua (ANTARA/HO-KONI Solok)

Donasi senilai Rp18 juta berhasil dikumpulkan warga di Kabupaten Solok, Sumatera Barat untuk diberikan kepada para atlet asal daerah itu yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok, Mevrizal mengatakan dana yang diterima itu disalurkan secara merata kepada para atlet & pelatih, masing-masing Rp1 juta.

Mevrizal mengatakan KONI mengirimkan 3 pelatih & 15 atlet atau 18 orang asal Kabupaten Solok untuk mewakili Sumatera Barat di PON XX Papua. 15 atlet itu terdiri atas angkat berat 2 orang, atletik 1 orang, catur 1 orang, karate 3 orang, gulat 3 orang, kempo 2 orang, taekwondo 1 orang, & cricket 2 orang.

Ia mengaku tidak ada dana dialokasikan Pemerintah Kabupaten Solok untuk keikutsertaan para atlet & pelatih ke PON XX di Papua. Bahkan hingga saat ini KONI Kabupaten Solok mengalami kekosongan kas.

"Hal itulah yang mengetuk hati sejumlah masyarakat di Kabupaten Solok untuk membentuk relawan & kumpulkan dana untuk para atlet," katanya, Rabu (22/9) dikutip dari Antara.

Ia juga mengatakan, sejak pergantian kepala daerah, hibah untuk KONI Kabupaten Solok pada 2021 ini ‘dinolkan’.

"Mungkin karena visi misi beliau tidak ada di bidang olahraga, & olahraga dipandang tidak penting, sehingga anggaran 'dinolkan' untuk KONI," katanya.

Ia mengatakan kepemimpinan pemerintah daerah yang lama sudah menganggarkan hibah KONI Rp6,5 miliar di anggaran daerah 2021. Bahkan, KONI Kabupaten Solok telah menganggarkan untuk masing-masing atlet yang mengikuti PON XX di Papua Rp10 juta.

"Namun, kenyataannya sampai sekarang dana hibah untuk KONI Kabupaten Solok masih 'dinolkan'," pungkasnya.

Diketahui, donasi dikumpulkan sekitar 3 minggu oleh para relawan "Sejuta koin untuk atlet PON Sumbar asal Kabupaten Solok" sejak akhir Agustus 2021.

Sejumlah relawan mengumpulkan sumbangan di Kompleks Kantor Bupati Solok pada 30 Agustus 2021, dilanjutkan di depan Kampus UMMY Kotobaru pada 31 Agustus 2021, & di depan SMAN 1 Gunung Talang pada 1 September 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X