Setelah 30 Tahun, Bioskop di Somalia Kembali di Buka

- Kamis, 23 September 2021 | 15:35 WIB
Gedung bioskop di Somalia. (Istimewa)
Gedung bioskop di Somalia. (Istimewa)

Pada hari Rabu (22/9/2021) Somalia telah memutar film publik pertamanya setelah 30 tahun. Kembalinya di buka bioskop berharap budaya di negara yang dilanda perang terus bangkit.

Dilansir BBC, ada dua film pendek karya sutradara Somalia Ibrahim CM yang diputar di Teater Nasional ibu kota Mogadishu. Masyarakat yang hadir diminta untuk menerapkan protokol kesehatan. Teater telah menjadi sasaran bom bunuh diri dan pangkalan bagi para panglima perang.

Sutradara teater Abdikadir Abdi Yusuf mengatakan itu adalah malam bersejarah bagi rakyat Somalia.

Baca juga: Terjadi Bom Bunuh Diri di Kamp Tentara Somalia, 15 Orang Tewas

Masyarakat hanya perlu membayar $10 atau setara dengan Rp142 ribu untuk menikmati dua film, yakni Hoos dan Date from Hell.

Selain itu, masyarakat harus melewati beberapa pos pemeriksaan untuk mencapai zona hijau yang dijaga ketat.

Teater Nasional di ibu kota Mogadishu itu dibangun oleh para insinyur China sebagai hadiah dari pemimpin China Mao Zedong pada tahun 1967. Teater itu dipandang sebagai pendorong penting bagi perkembangan budaya Somalia pada tahun 1970-an dan 80-an.

Tapi pada tahun 1991 teater tersebut ditutup karena perang saudara, teater digunakan sebagai pangkalan bagi panglima perang yang memperebutkan ibukota, akibatnya teater menjadi rusak.

Ketika dibuka kembali pada tahun 2012, setelah dilakukan perbaikan yang dilakukan oleh Misi Uni Afrika di Somalia (Amisom), gedung itu langsung diledakkan oleh militan al-Shabaab yang menganggap hiburan dan film sebagai korupsi moral.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X