Perusahaan di Kanada Buat Aplikasi Tably, Bisa Deteksi Kesehatan Kucing

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:12 WIB
Aplikasi Tably yang bisa  membaca ekspresi kucing dan memonitor kesehatan kucing (Reuters)
Aplikasi Tably yang bisa membaca ekspresi kucing dan memonitor kesehatan kucing (Reuters)

 

Para pemilik kucing pasti sangat senang memotret kucing kesayangannya. Tak hanya sekedar memotret, kini para pemilik punya alasan baru untuk menjepret hewannya untuk mengetahui kondisi si kucing.

Perusahaan teknologi kesehatan hewan Sylvester.ai di Calgary, Alberta, Canada telah mengembangkan aplikasi Tably yang menggunakan kamera handphone untuk mengetahui apakah si kucing sedang sakit atau tidak.

"Itu membantu pemilik kucing mengetahui apakah kucing mereka sedang merasa sakit atau tidak," kata Miche Priest, lead venture Sylvester.ai, dikutip dari Reuters, Rabu (28/7).

Aplikasi tersebut melihat posisi telinga dan kepala kucing, penyempitan mata, ketegangan moncong, dan bagaimana perubahan kumis kucing untuk mendeteksi rasa tidak nyaman kucing.

"Kami bisa melatih mesin menggunakan machine learning dan sederet gambar." ujarnya.

Dikutip dari Reuters, studi 2019 yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports menemukan bahwa "felice grimace scale" (FGS) atau skala seringai kucing valid dan bisa diandalkan untuk melihat adakah rasa sakit pada kucing.

Aplikasi yang belajar pola dari foto-foto wajah kucing bisa membantu, tapi pemilik kucing harus melihat keseluruhan tubuh hewan peliharaan mereka, termasuk ekor, untuk mengetahui kondisi si kucing, kata yayasan hewan RSPCA Inggris Alice Potter.

"Ekor kucing yang khawatir atau ketakutan akan sangat tegang. Selain itu, pikirkan juga perilaku mereka soal makan, minum, buang air, tidur, apakah seperti biasanya?" pungkas Alice.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X